Wabup Aceh Barat: Pemuda Pilar Pembangunan Daerah

MEULABOH – Pemuda merupakan pilar utama dalam pembangunan daerah. Keterlibatan pemuda sangat diharapkan oleh pemerintah. Itulah yang disampaikan oleh Wakil Bupati Aceh Barat H.Rahmat Fitri, HD, saat membuka musyawarah Anak Cabang Pemuda Pancasila Kecamatan Johan Pahlawan, Sabtu 1 Desember 2012.

Untuk membangun sebuah daerah kata Wabup atau yang biasa disapa Haji Nanda hal utama yang harus dilakukan oleh pemuda adalah menghargai jasa pahlawan, serta memiliki semangat juang.  Oleh karena itu pula, ia meminta pemuda pancasila harus menjadi organisasi kepemudaan yang berada digarda depan dalam pembangunan Aceh Barat.

 Haji Nanda menambahkan, Aceh Barat selama ini dinilai sebagai daerah luar yang melahirkan pahlawan dan pejuang.  Melihat penilaian tersebut kata Nanda pemuda Aceh barat, terutama Pemuda Pancasila, harus mampu menunjukan kemampuannya, dan bisa bersinergi dengan organisasi pemuda lainnya sehingga mampu terbangun kekompakan.
 
Menurutnya selama ini organisasi kepemudaan di Aceh Barat  terkesan vakum dan berjalan sendiri- sendiri. Akibatnya kata Nanda, sulit bagi pemuda membantu pemerintahan untuk sama- sama membangun daerah. Ia mengakui penyebab vakumnya organisasi kepemudaan di Aceh Barat selama ini, karena pemerintah tidak merangkul.
 
Banyak hal yang dapat dilakukan pemuda, salah satu yang harus dilakukan oleh pemuda saat ini adalah bagaimana pemuda bergerak dan  membendung budaya luar yang dapat mempengaruhi generasi dan pemuda itu sendiri, sehingga budaya Aceh menjadi bergeser.
 
“Jadi kita harapkan kepada Pemuda Pancasila, mampu mewujudkan perannya dengan baik dalam membendung pergeseran budaya, terhadap masuknya budaya- budaya luar yang berkonotasi negative,”katanya.
 
Selain itu Nanda meminta Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) segera melakukan  musyawarah agar semangat  organisasi kepemudaan yang ada kembali tumbuh. Karena tanggung jawab KNPI cukup besar dalam mempersatukan semua organisasi kepemudaan yang ada di Aceh Barat.
 
Sementara itu, Ketua Pemuda Pancasila Cabang Aceh Barat, T. Taufiq Kepada ATJEHPOSTcom  mengakui organisasi yang dipimpinnya saat ini telah lama vakum. "Dengan kembali bangkitnya PP, di Aceh Barat maka akan berjalan beriringan dengan pemerintah daerah dan organisasi kepemudaan,”ujarnya.
 
Taufiq menambahkan organisasi PP sendiri saat ini akan melakukan langkah utama terlebih dahulu dilakukan adalah melakukan Musyawarah anak cabang, untuk setiap kecamatan, sehingga nantinya terbentuk ketua- ketua kecamatan.

“Inilah saatnya pemuda untuk bangkit dan pembangunan Aceh Barat bersama pemerintah,"tambahnya.[] (zul)

  • Uncategorized

Leave a Reply