Tim Kesehatan dari 4 Provinsi Kunjungi Bireuen

BIREUEN – Tim bidang kesehatan dari empat provinsi di Indonesia timur yaitu Provinsi Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara mengunjungi Kabupaten Bireuen untuk melihat standar pelayanan publik di kabupaten tersebut, Kamis, 20 September 2012.

Rombongan berjumlah 30 orang yang terdiri dari pejabat dan petugas kesehatan dari empat provinsi itu. Mereka tiba di Bireuen pada Rabu malam, 19 September 2012. Kedatangan mereka disambut Bupati Bireuen Ruslan M Daud dan para pejabat Muspida Kabupaten Bireuen di Meuligoe Bupati Bireuen.

Tim tersebut didampingi oleh pengurus Forum LSM Aceh dan LSM Logica 2. Kedatangan mereka juga disambut oleh pengurus perkumpulan Bina Masyarakat (BiMa).

Mukhtaruddin, ketua panitia penyambutan mengatakan tim kesehatan tersebut akan melakukan kunjungan ke Puskesmas Peusangan Selatan dan Posyandu di Desa Ceubrek, Kecamatan Peusangan Selatan. Kedua Puskesmas tersebut merupakan fasilitas kesehatan yang termasuk dalam program Logica 2.

“Tamu dari empat provinsi ini akan menyerap pengetahuan dalam hal pelayanan publik di fasilitas kesehatan tersebut,” ujar Mukhtar.

Selain itu mereka juga akan berdiskusi dengan pihak dari Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan Kabupaten Bireuen pada siang nanti.

Kunjungan ini adalah untuk melihat sejauh mana keberhasilan peningkatan pelayanan di bidang kesehatan, pendidikan dan pelayanan publik di Kabupaten Bireuen melalui program Logica 2 yang bekerjasama dengan BiMa sebagai mitra lokal.

Diempat provinsi di atas juga sedang dilakukan program pendampingan yang serupa dengan yang dilakukan Logica 2 di Bireuen. Di beberapa kabupaten mereka juga melaksanakan program ACCESS yang juga fokus pada pemenuhan standar pelayann publik.

Rombongan tersebut berasal dari Kabupaten Jane Ponto dan Goa di Provinsi Sulawesi Selatan, Kabupaten Muna dan Bau Bau di Provinsi Sulawesi Tenggara, Kabupaten Kupang di Provinsi NTT dan Kabupaten Lombok Barat di Provinsi NTB.[] (IHN)

  • Uncategorized

Leave a Reply