Pasangan Calon Bupati Aceh Tenggara Juga Dites Narkoba

BANDA ACEH – Pemeriksaan delapan pasangan calon bupati – wakil bupati Aceh Tenggara di Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin Banda Aceh, berjalan lancar, Sabtu 5 Mei 2012.

Sekretaris Ikatan  Dokter Indonesia (IDI)  Aceh Rais Husni Mubarak mengatakan pemeriksaan dilakukan secara menyeluruh mulai dari fisik, mata, THT, bedah dan penyakit dalam, jantung, paru, spirometri, saraf, neurobiafior dan sesi pemeriksaan laboratorium untuk urine serta darah.

"Kita mau melihat dari laboratorium apakah ada yang menggunakan narkoba jenis sabu sabu dan ganja yang dilarang," kata Rais.

Setelah makan siang, para pasangan calon kemudian dites MMPI atau sejenis psikologi.

"Tes ini bisa menjelaskan lebih jauh tentang kemampuan sifat, sosial dan emosional. Seperti kita ketahui bahwa bupati memiliki beban kerja luar biasa, sehingga di MMPI ini akan bisa terlihat bagaimana tingkat kemampuan calon bupati ini dalam memanage suatu permasalahan," kata Rais.

Sejauh ini, kata dia, seluruh pemeriksaan telah dilakukan dan berjalan lancar. Sedangkan hasilnya, kata Rais, belum diketahui.  

"Biasanya nanti setelah pemeriksaan dokter yang memeriksa di bagiannya, akan melakukan pleno di masing masing bidang dulu. Kemudian hasil dari mereka baru disampaikan kepada kita, ke panitia besar," ujarnya.

Setelah itu, kata dia,  tim dokter lengkap dengan tim pemeriksa akan duduk lagi untuk memplenokan semua hasil pemeriksaan tersebut. "Jadi nanti bukan hanya dari panitia atau IDI saja, dari dokter yang terlibat pemeriksaan hari ini juga akan kita libatkan untuk pleno umum."[]

  • Uncategorized

Leave a Reply