Masa puber, keinginan mengenal seks besar

Remaja berusia 14 tahun, merupakan awal kematangan reproduksi remaja. Perubahan hormonal mendorong pertumbuhan fisik yang dapat mempengaruhi emosi, sehingga dorongan seks pada masa ini sangat tinggi.

Seksolog Indonesia, dr. Boyke Dian Nugraha mengatakan masa puber remaja merupakan usia rentan dalam mengenali seks. Peran orang tua sangat penting pada masa puber tersebut. "Keinginan seks pertama kali muncul di usia 14 tahun," kata Boyke pada Tempo, Sabtu, 26 Oktober 2013.

Masa puber remaja saat ini bahkan datang lebih awal, lanjut Boyke. Gizi yang semakin baik serta derasnya arus teknologi yang membuat rangsangan untuk melakukan seks lebih banyak. "Masa puber menjadi masa coba-coba," kata Boyke.

Hal serupa juga disampaikan Vera Itabiliano Hadiwidjojo, psikolog dari lembaga Psikolog UI. Kepada Tempo, ia mengatakan masa pubertas remaja merupakan awal mencoba hal-hal baru, seperti seks. "Seks menjadi pertanyaan besar yang ingin dipecahkan seorang remaja," Vera menegaskan.

Di samping keinginan seks, di masa puber emosi remaja juga meninggi. Butuh pengakuan pada kelompoknya. Jangan heran, jika banyak tindakan asusila remaja yang kemudian direkam, lanjut Vera. "Lah iya, namanya ABG pasti ingin menunjukkan diri bahwa dirinya sudah besar kepada teman-temannya," kata Boyke.

Perilaku mesum remaja saat ini memang sedang marak. Salah satunya, kasus asusila yang melibatkan siswa-siswi SMPN 4 Jakarta Pusat pada 13 September lalu. | sumber : tempo

  • Uncategorized

Leave a Reply