Zikir Bersama 8 Tahun Tsunami di Kuburan Massal Siron Batal

BANDA ACEH – Zikir dan doa bersama sebagai peringatan delapan tahun tsunami yang rencananya dilangsungkan di komplek makam massal korban tsunami di Siron, Aceh Besar, batal.

Akibatnya ratusan warga yang hadir terpaksa melakukan doa secara individu maupun dalam kelompok-kelompok kecil.

"Ini kejadian pertama sejak delapan tahun," ujar penjaga komplek kuburan, Muhammad Kasem, kepada ATJEHPOSTcom, Rabu 26 Desember 2012.

Muhammad Kasem mengaku kecewa dan malu, apalagi kepada tamu dari Malaysia yang sejak sehari sebelumnya telah mengonfirmasi kehadiran mereka untuk berzikir bersama warga di makam itu.

"Rencana doa dimulai pukul 08.15, pukul 08.00 mereka sudah tiba," ujar Muhammad Kasem. Menurut dia, para warga lokal dan Malaysia akhirnya melakukan doa secara individu lalu pulang meninggalkan makam.

Sementara di lokasi, warga masih terus berdatangan. Mereka yang datang bersama keluarga duduk dan membaca yasin.

Di kuburan massal Siron, diperkirakan ada puluhan ribu korban tsunami yang dimakamkan. Kuburan ini terletak di sisi kanan Jalan Blang Bintang menuju Bandara Sultan Iskandar Muda.

Sebelumnya, kata Kasem, acara zikir dan doa bersama itu akan ditangani Palang Merah Indonesia (PMI) Aceh Besar.

Namun, kata dia, dengan tidak mengonfirmasi sepatah kata pun, PMI Aceh Besar membatalkan acara.

Muhammad Kasem yang tiba di komplek makam pada pukul 06.30 mengaku mendapati puluhan warga telah menunggu di luar komplek.

"Pagi sekali saya datangi mereka (PMI), mereka bilang batal. Harusnya kan dikasih tau kemarin biar bisa kita adakan sendiri," ujar Kasem. ATJEHPOSTcom masih berusaha mengonfirmasi hal ini kepada PMI Aceh Besar.[](rz)

  • Uncategorized

Leave a Reply