Zico Nadstarr, Rapper Aceh di pentas Norwegia

ZICO Sebastian Puteh atau lebih dikenal dengan nama Zico Nadstarr adalah Rapper asal Aceh yang kini berkarir dan menetap di Norwegia.

Lahir di Jakarta, 18 Februari 1986 silam, Zico dan keluarganya kemudian pindah ke Banda Aceh saat ia masih berumur dua tahun. Menghabiskan masa kecil hingga remaja di Banda Aceh, Zico dan keluarga akhirnya hijrah ke Eropa.  Meski telah lama menetap di Norwegia, pria berdarah Aceh ini sangat mencintai Aceh. Ayahnya Jailani berasal dari Meureudu dan ibunya Nirwana dari Panton labu.

“Aceh adalah masa depan, sumber inspirasi dan semangat hidup saya,” ujar Zico via Skype kepada ATJEHPOSTcom Minggu, 17 Februari 2013 kemarin.

Bahasa Aceh Zico juga sangat fasih. Di beberapa lagu rap ciptaannya, banyak lagu-lagu yang ia buat dengan format bahasa Aceh. Salah satunya adalah lagu rap HNS ANTHEM yang sempat booming di Aceh pada tahun 2012 lalu. Lagu ini diunggah lebih seratus ribu lebih di Youtube. “Lagu itu saya buat saat saya pulang ke Aceh, pada awal  tahun 2012 lalu,” katanya.

Perkenalannya pada musik beraliran rap berawal dari kesukaannya pada musik HipHop tahun 2004 silam. Tahun 2005 Zico lantas membentuk group rap yang diberi nama Dirrty Lettaz. Sejak saat itu namanya Zico mulai dikenal di Stavanger, salah satu kota di Norwegia, berkat single kocak mereka berjudul Stil (Style) remix yang mendapat apresiasi dari penggemar HipHop.

Dalam kompetisi rap antar kota di Norwegia pada tahun 2007 Zico meraih juara satu. Ia juga pernah beberapa kali menjadi opening konser Rapper kelas dunia seperti Brother Ali dan Masta Ace saat konser di Stavanger.

“Suatu moment yang tidak bisa saya lupakan menjadi opening di konsernya Brother Ali dan legenda HipHop asal Amerika Serikat Masta Ace, karena mereka Rapper favorite saya,” ujarnya.

Tanggal 12 Desember 2012 lalu ia merilis mini album bertajuk AKU EP BAB I secara online di website pribadinya. Lagu ini bisa didownload secara gratis. Album mini perdana ini berisi delapan lagu berbahasa Indonesia dan satu lagu bahasa Inggris berjudul It’s Sad. Album itu kata Zico menceritakan perjalanan hidup dan pengalamannya selama ini.

Dalam waktu dekat pria asal Meureudu ini berencana liburan ke Aceh. “Insya Allah bulan enam saya pulang ke Aceh untuk berlibur, mengurus label rekaman, menyelesaikan album dan memberi workshop  bagi peminat HipHop khususnya Rapper di Aceh,” katanya.[] (ihn)

  • Uncategorized

Leave a Reply