Zainoel Abidin, Penerima Alokasi Tebanyak Dana Kesehatan 2011

BANDA ACEH – Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA) merupakan rumah sakit terbanyak mendapat kucuran anggaran tahun 2011 di bidang kesehatan oleh Pemerintah Aceh. Rumah sakit plat merah tersebut, mendapat kucuran dana sebesar Rp126,71 milyar dan mampu merealisasikan program anggaran sebanyak Rp 126,71 milyar.

Selain kucuran dana kesehatan pada tahun anggaran 2011 tersebut, dalam pemaparan Pemerintahan Aceh pada Laporan Kerja Pertanggungjawaban (LKPJ) yang dijabarkan oleh Gubernur Aceh Zaini Abdullah, Rabu 29 Agustus 2012 di DPRA.

Menurut LKPJ tersebut, dana kesehatan yang dialokasikan Pemerintah Aceh sebanyak Rp 832,84 milyar hanya mampu terealisasi sebesar Rp 798,87 milyar atau 95,92 persen. Dana tersebut, selain dikucurkan untuk Rumah Sakit Umum Zainal Abidin Banda Aceh, juga dialokasikan untuk Rumah Sakit Jiwa serta Rumah Sakit Ibu dan Anak. Untuk RSJ, alokasi dana pada tahun 2011 tersebut berjumlah Rp 35,22 milyar dan realisasinya sebanyak Rp 32,77 milyar atau 93,03 persen.

Sementara untuk Rumah Sakit Ibu dan Anak, dialokasikan dana sebesar Rp 28,89 milyar dan realisasinya sebesar Rp27,38 milyar atau 94,75 persen.

Gubernur Zaini Abdullah menyampaikan, prioritas urusan kesehatan Tahun Anggaran tersebut meliputi program obat dan pembekalan kesehatan; upaya kesehatan masyarakat; promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat; perbaikan gizi masyarakat; pengembangan lingkungan sehat serta pencegahan dan penanggulangan penyakit menular.

"Selain hal itu, prioritas urusan kesehatan tersebut juga meliputi standarisasi pelayanan kesehatan dan pelayanan kesehatan anak balita; pelayanan kesehatan lanjut usia serta program peningkatan kesehatan ibu melahirkan dan anak," kata dia.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply