Yockie, Iwan & Nova wakil Medan ke konser hip hop new AFI 2013

MEMASUKI hari ke lima konser 5+ NEW AFI 2013, calon akademia asal Medan pun tampil di panggung studio 1 Indosiar. Dengan wajah ceria dan berbalut kostum yang menarik, mereka siap untuk saling mengalahkan satu sama lain.

Diawali dengan gerakan tari tradisional asal Sumatra Utara, keenam calon akademia NEW AFI 2013 diperkenalkan satu per satu oleh Adi Nugroho dan Bianca.

Dengan percaya diri, Frans adalah calon akademia yang tampil pertama membawakan lagu dari Hello Ular Berbisa. Beragam komentar pun muncul dari juri komentator. Maia menyatakan kalau suara Frans biasa-biasa saja. Trie Utami memberi masukan kepada Frans untuk berhati-hati dengan tempo lagu dan memintanya untuk melatih pernafasan. Sementara David Naif menyatakan Frans bagus sebagai penampil pertama dan karakternya sangat laki-laki.

Dita yang membawakan lagu Karna Ku Sanggup milik Agnes Monica mendapat beberapa catatan dari para juri komentator. Trie Utami mengkritik cara pemenggalan lagu yang dinyanyikan Dita. Sedang David Naif dan Maia Estianty mempunyai pendapat yang sama tentang karakter vokal Dita yang dianggapnya sudah jadi. Apalagi untuk ukuran dunia industry musik, tambah Maia.

Muncul di urutan ketiga, Nova dengan percaya diri dengan lagu Cinta Sejati dari Bunga Citra Lestari. Menurut David Naif tehnik dan ketrampilan bernyanyi Nova bagus, tapi belum memiliki kekhususan atau yang khas. Maia menyebut cara bernyanyi Nova tidak bercerita apapun. Sementara Trie Utami memberi masukan untuk jangan cepat langsung menarik pada saat refrain lagu. Harus bernyanyi dengan bertahap.

Menyanyikan lagu milik Santana and Rob Thomas, Yockie tampil percaya diri. Yockie pun sempat yang pada saat menyanyi memberikan seuntai bunga kepada Trie Utami. Maia mencatat kalau vibrasi Yockie mirip dengan Anang dan harus memperbaiki artikulasi. Sama dengan Maia, Trie Utami pun memberi catatan kepada Yockie untuk lebih memperbaiki artikulasinya. David Naif menyatakan kalau Yockie cara bernyanyinya sudah santai dan aksi panggungnya susah baik. David Naif meminta Yockie mengurangi vibrasi saat bernyanyi.

Iwan yang kesehariannya berprofesi sebagai pengamen, tampil sebagai calon akademia ke lima. Membawakan lagu Iwan Fals Yang Terlupakan, Iwan pun mendapat komentar dari para juri komentator. Trie Utami memberi catatan penyebutan huruf “t” harus dengan benar. Sementara David Naif menilai penjiwaan lagu Iwan cukup baik. Sedang Maia menilai karakter suara Iwan sudah cukup bagus.

Vani yang muncul terakhir dengan lagu Baby Doll dari Utopia, tampil dengan gaya bernyanyi yang riang. David Naif menilai control vokalnya hilang pada bagian akhir lagu. Sementara menilai pemunculan Vani setelah Iwan merupakan anti klimaks sehingga membuat suasana menjadi “drop”. Trie Utami memberi masukan kepada Vani untuk mengkontrol emosinya pada saat bernyanyi.

Dengan berkahirnya Vani menyanyikan lagu Baby Doll, maka lengkap sudah keenam calon akademia asal kota Medan berunjuk kebolehan. Dan saatnya untuk para calon akademia menunggu hasil jerih payahnya.

Melalui hasil polling SMS yang masuk, maka terpilihlah Yockie dengan perolehan SMS 23 %, sementara Iwan berada di urutan kedua dengan perolehan 20,1 %. Sementara itu masih ada satu sisa wakil lagi yang diperebutkan oleh Frans, Dita, Nova dan Vani.

Setelah menunggu penjelasan dari para juri komentator dan karena para juri tersebut memiliki hak veto atau menentukan, maka terpilihlah Nova yang menemani Yockie dan Nova untuk maju ke babak Hip dan Hop asal kota Medan.

Dan inilah ungkapan perasaan calon akademia setelah melakukan konser 5+.

YOCKIE

Perasaan yang tidak diungkapkan dengan kata-kata. Suatu kebanggaan yang membuat bibir ini tidak bisa berhenti berucap syukur. Sangat senang dengan hasil yang diperoleh sehingga bisa memacu saya untuk lebih baik dan giat lagi berlatih. Komentar dari bunda Maia tentang banyaknya produksi “vibra” menjadi catatan saya. Mudah-mudahan melalui NEW AFI 2013 ini saya bisa mendapatkan pelajaran yang tidak bisa dapatkan di tempat lain.

NOVA

Saya sangat senang karena lolos berdasarkan pilihan juri yang berarti masih mendapat kesempatan untuk tetap berada di NEW AFI 2013. Menurut saya komentar dari Trie Utami untuk mengontrol emosi akan saya perhatikan, demikian juga dengan cara bernyanyi yang harus melalui tahapan-tahapan.

DITA

Saat dinyatakan tidak lolos, perasaan saya sangat sedih dan kecewa karena saya sudah berusaha tampil maksimal tapi menurut saya itu sangata manusiawi. Orang tua saya yang hadir ke studio pun bangga akan penampilan saya. Mereka tidak kecewa. Catatan dari Trie Utami adalah yang berkesan buat saya.

FRANS

Perasaan saya senang walaupun tidak lolos. Menurut saya mereka pantas lolos karena mereka yang terbaik, apalagi Iwan. Dia sudah seperti sahabat bagi saya di NEW AFI 2013 ini. Terimakasih buat semua yang sudah member kesempatan saya sampai di konser 5+. Komentar David Naif paling mengesankan saya, kamu tampil cowok banget dan bagus untuk pembuka di konser 5+.

IWAN

Perasaan saya sangat senang. Saya tidak menyangka akan seperti ini. Apalagi salah satu yang dinyatakan lolos ke babak berikut dan saya yakin ini adalah anugerah dari Tuhan. Terimakasih untuk semua yang sudah mendukung, semoga dikesempatan lain aku akan bisa tampil lebih luar biasa lagi. Komentar dari Trie Utami tentang artikulasi agak “berat” buat saya. Namun akan terus belajar lagi, saya tidak ingin mengecewakan para komentator.

VANI

Tidak lolos ke babak berikut adalah perasaan yang sudah saya siapkan sebelum konser. Dan ketika diumumkan, ternyata perasaan itu benar adanya. Memang sedih, tapi tidak apa-apa yang penting saya sudah berusaha tampil baik dan sudah berjuang. Selanjutnya saya serahkan kepada Tuhan. Semua komentar para juri benar-benar membangun. Penampilan saya yang “jumping”, harus kontrol emosi dan haru lebih memperhatikan di akhir kalimat.

Sekali lagi selamat untuk Yockie, Iwan dan Nova yang mewakili kota Medan ke babak Hip dan Hop NEW AFI 2013.[]

 

Renda Juanda

  • Uncategorized

Leave a Reply