Wow, Rumah Jerami Dihargai Miliaran Rupiah

TOODYAY-Rumah yang terbuat dari jerami mulai menarik perhatian warga Australia. Jerami dianggap sebagai bisnis yang serius dan perlahan-lahan muncul di lanskap Australia. Di Toodyay, Australia Barat, ada dua rumah jerami yang dijual ke pasar dengan harga yang mahal. Rumah yang seluruh permukaannya terbungkus jerami itu telah berdiri selama bertahun-tahun.

Sebuah rumah jerami dua lantai dengan empat kamar tidur, dua kamar mandi, dijual dengan harga 449 ribu dolar Australia atau setara dengan Rp4,3 miliar (Rp9,638 per Australia), sedangkan rumah dengan empat kamar tidur, tiga kamar mandi dijual dengan harga 649 ribu dolar Australia atau hampir Rp6,2 miliar.

Jerami dianggap memiliki kelebihan sebagai bahan bangunan karena harganya murah, memangkas tagihan listrik, dan ditambah dengan teknologi baru, dapat membuat rumah dengan desain arsitektur yang menakjubkan. Bahkan di luar Australia. Rumah jenis ini telah dibangun sejak berabad-abad lalu.

Anda akan terkejut melihat betapa kuno mereka. Orang Eropa menggunakan jerami untuk membuat rumah, begitu juga orang Amerika. Ikatan jerami digunakan untuk membangun struktur utama rumah dan kemudian diberikan nuansa rumah yang modern. Apalagi, harga jerami termasuk murah.

"Anda dapat membeli jerami di sini, di Toodyay. Dengan harga sekitar 6 dolar Autralia per bal saat ini," kata Barb Dadd dari Country Realty Toodyay seperti dikutip dari News, Rabu 11 Juli 2012.

Menurut Dadd, rumah modern dari jerami, yang sedang dibangun di daerah pinggiran kota, tidak hanya sekadar ikatan rumput kering per bal yang dimasukkan ke bingkai tipis. Teknik mengikat jerami dengan erat berarti tidak boleh ada udara. Sehingga, mereka akan sangat solid.

"Ini juga berarti tikus tidak akan bisa masuk lewat dinding, karena mereka tidak dapat bernapas," tutur Dadd.

Bahan jerami diyakini anti hama dan tahan air sebagai kayu pembentuk. Bahan jerami juga bertentangan dengan keyakinan di masyarakat. Sesungguhnya, jerami tahan api jika diikat dengan ketat dan kuat. Selain itu, jerami bisa membuat hangat rumah saat musim dingin dan sejuk pada musim kemarau.

Bahkan, salah satu situs menyebut dinding yang terbuat dari ikatan jerami, tiga kali lebih hemat energi dibandingkan dinding konvensional. Sementara itu, kontraktor dari Sustainabuild Now Sebb Hock menilai, jerami memiliki kelebihan dan kekurangan.

"Ini merupakan bahan alternatif, tidak ada yang salah dengan itu. Mereka bekerja cukup baik dan kinerja termalnya sangat menarik," tutur Hock.

Namun, jerami memiliki kelemahan yakni bal jerami akan memakan ruang lebih banyak dibandingkan material bangunan konvensional. "Tapi Anda bisa kreatif dan berpikir di luar kotak dengan mereka. Karena harganya yang lebih murah saya akan mempertimbangkan menggunakan mereka untuk proyek yang tepat," ucapnya. | sumber:okezone

  • Uncategorized

Leave a Reply