Wow, Anggaran Pilkada Bireuen Bisa Sampai 29 Miliar

BIREUEN – Pemerintah Kabupaten Bireuen memutuskan menambah dana penyelenggara Pilkada Bupati-Wakil Bupati Bireuen sebesar Rp8 miliar, sehingga total menjadi Rp23 miliar sesuai permintaan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Bireuen.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bireuen Razuardi Ibrahim kepada sejumlah wartawan Rabu 2 Mei 2012 mengatakan dalam rancangan qanun dulunya memang KIP Bireuen mengajukan Rp23 miliar tetapi yang disetujui dalam APBK hanya Rp15 miliar.

“Menurut KIP, jika anggaran hanya Rp15 miliar, maka hanya cukup sampai penetapan calon saja, selanjutnya tahapan Pilkada harus berhenti, sebab itu mereka sudah datang ke sini (Pemkab Bireuen) kemarin,” ujar Razuardi.

Sebab itu, lanjut Razuardi, Pemkab Bireuen sudah menyatakan menyanggupi adanya penambahan dana Pilkada yang akan diplotkan dalam APBK Perubahan 2012. "Tidak mungkin tidak ditambah, jika tidak ditambah maka pilkada terhenti."

Razuardi yang juga mencalonkan diri sebagai Wakil Bupati Bireuen mendampingi Husaini Ilyas yang maju lewat jalur perseorangan itu mengatakan bukan hanya menambah dana, tetapi dipersiapkan dana untuk kemungkinan terjadinya dua putaran.

“Nah, kalau sampai terjadi dua putaran, maka total dana yang disiapkan Rp6 miliar lagi sehingga totalnya Rp29 miliar,” sebut Razuardi. Anggaran juga ditambah untuk sektor pengamanan Pilkada Bireuen.

Untuk penambahan dana itu tidak bisa dilakukan sepihak oleh Pemkab Bireuen. Dalam beberapa hari ini akan dibuat perjanjian antara Pemkab Bireuen, KIP Bireuen, dan DPRK Bireuen untuk jaminan alokasi dana tambahan itu pada APBK Perubahan. []

  • Uncategorized

Leave a Reply