Winda Yulia, Guru Sarjana Mendidik yang Tenggelam di Simpang Jernih

Program Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar dan Teritinggal (SM3T) yang dicanangkan oleh pemerintah memberikan dampak yang sangat besar bagi dunia pendidikan di Indonesia. Namun, tidak semua guru tertarik untuk mengikuti program ini, wajar mengingat daerah penempatannya sangat minim fasilitas.

Di Provinsi Aceh, salah satu daerah yang menjadi tempat guru-guru tersebut mengabdi adalah Kecamatan Simpang Jernih, Kabupaten Aceh Timur. Di kecamatan ini terdapat delapan desa, salah satunya adalah Melidi.

Di Melidi inilah ditempatkan empat guru sarjana mendidik, mereka mengajar di SMPN2 Simpang Jernih. Empat guru tersebut adalah Geugeut Zaludiosanusa Annafi, Winda Yulia dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, dua orang lagi bernama Irma Yuna dan Hanafi dari Universitas Negeri Medan (Medan, Sumatera Utara).

Pada Senin, 26 November 2012 petang lalu keempat guru tersebut mengalami musibah di sungai Simpang Jernih, saat akan kembali ke Melidi boat yang mereka tumpangi terbalik di kawasan Batu Katak. Dua guru tersebut, irma Yuna dan Hanafi selamat dari musibah tersebut. Sedangkan dua lainnya, Gegeut dan Winda hingga hari ini belum diketahui keberadaanya.

Dari berbagai informasi yang dihimpun oleh ATJEHPOSTcom, Winda Yulia berasal dari Ciamis, Jawa Barat. Ia lahir pada 27 Juli 1990 silam. Winda merupakan alumni UPI angkatan tahun 2008 Jurusan Pendidikan Matematika.

Di kampus Winda tercatat sebagai mahasiswa yang berprestasi, ia pernah meraih Honorable Mention ON MIPA-PT bidang Matematika. Ia juga pernah mendapatkan Juara 3 OSN PTI Tingkat Provinsi Jawa Barat pada tahun 2011. Guru muda tersebut juga pernah mendapat Juara 3 Olimpiade Sains Teknologi Nasional 2011, dan beberapa prestasi lainnya.

Dengan prestasi tersebut, Winda ingin ilmunya berguna bagi bangsa Indonesia, salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan mengikuti program SM3T.[] (ihn)

Berita terkait:

Beragam Komentar Dukungan Soal Musibah Guru Sarjana Mendidik di Simpang Jernih

Guru Sarjana Mendidik Tenggelam di Aceh Timur, Kementerian Pendidikan Kirim Tim Pemantau

[FOTO]: Sebelum Musibah, Guru Sarjana Mendidik Sempat Berfoto

Gurunya Ditimpa Musibah, Apa Itu Program Sarjana Mendidik?

  • Uncategorized

Leave a Reply