Wikipedia Ditinggalkan Puluhan Ribu Editornya

Ensiklopedia online, Wikipedia kini sedang menjadi bahan berita. Bukan soal konten yang menjadi masalah tapi soal editor Wikipedia yang terus berkurang dalam enam tahun terakhir.

Studi terbaru University of Minnesota mensinyalir hengkangnya para editor diduga akibat aturan-aturan dan algoritma baru yang dilaksanakan pada 2007.

Dilansir dari Mashable, Rabu 9 Januari 2013, penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal American Behavioral Scientist ini mengamati 100 editor baru secara acak antara 2006 dan 2010, dan menemukan tingkat penolakan editor telah meningkat tajam.

USA Today menuliskan, pada 2006, Wikipedia memiliki sekitar 50.000 editor bahasa Inggris, namun kini tinggal 35.000 editor. Sekitar 15.000 yang  hengkang.

Para peneliti menemukan bahwa sejak 2006, kontribusi dari para editor baru yang ditolak mencapai 6 persen, sementara pada 2010 menjadi lebih dari 25 persen.

Dalam pandangan sekilas, hal itu sepertinya konflik antara editor lama dengan editor baru. Tapi ahli Wikipedia sekaligus editor senior, William Beutler melihat dinamika tersebut sebagai pematangan penting dari jaringan Wikipedia.

Menurutnya lagi, berkurangnya jumlah editor pada Wikipedia adalah fenomena umum dari bisnis yang sebelumnya berkembang. "Wikipedia muncul dari nol artikel sampai 4 juta artikel dalam waktu sekitar 10 tahun. Perlu dicatat, pertumbuhan pesat Wikipedia tidak bisa berlangsung selamanya," kata Buetler.

Penurunan jumlah editor, lanjutnya, juga adalah bentuk dari seleksi alami editor berkualitas untuk Wikipedia. "Hal ini terlebih karena Wikipedia menemukan susunan editor yang stabil secara alami," kata dia. | sumber : vivanews

  • Uncategorized

Leave a Reply