Wartawan ATJEHPOSTcom mengajar di Basri Daham Journalism Institute Lhokseumawe

WARTAWAN ATJEHPOSTcom, Irman I. Pangeran menjadi tenaga pengajar di Basri Daham Journalism Institute (BJI), kantor Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Lhokseumawe, Sabtu, 1 Juni 2013.

Saat ini sekolah jurnalistik bentukan AJI Lhokseumawe memiliki 15 mahasiswa, sebagian besar di antaranya mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh (FISIP Unimal).

“Ini angkatan kedua yang sudah berjalan beberapa pekan. Kita harapkan mahasiswa BJI ini belajar sungguh-sungguh, sehingga nantinya berpeluang menjadi calon jurnalis.  Sebagian lulusan angkatan pertama, misalnya, sudah diterima bekerja di sejumlah media di Aceh,” kata Ketua AJI Lhokseumawe, Saiful Bahri.

Menurut Saiful, hari ini mahasiswa BJI belajar menulis straight news (berita pendek yang hanya menyajikan informasi terpenting) dibimbing Irman I. Pangeran, kelanjutan dari pelajaran Sabtu lalu.

“Setelah mahasiswa mengikuti pelajaran lebih lima jam melalui dua kali pertemuan (hari ini dan Sabtu lalu) yang diasuh Irman, kemudian kita lanjutkan dengan evaluasi tentang penulisan berita pendek. Pekan depan akan masuk ke pelajaran berikutnya,” katanya.

Sementara itu, Irman menyebutkan, menulis berita tidak sama dengan menulis  novel, cerita pendek, surat, laporan atau lainnya yang panjang-panjang dan tidak langsung sasaran. Menulis berita, kata dia, memberikan yang utama dalam sekejap, agar jika pun beralih ke topik lain orang sudah tahu intinya.

Dalam penulisan berita, kata Irman, jurnalistik mengenal pola top heavy (berat di atas), disebut juga sebagai struktur piramid terbalik, agar pembaca segera mengetahui masalah atau peristiwa yang terpenting.

“Usahakan agar tulisan pendek dan sederhana. Pilih kalimat pendek dan tidak rumit. Jangan overwriting, mencoba memasukkan semua informasi atau menggunakan informasi tanpa diorganisasikan dengan baik dan efektif,” ujarnya.

Selain Irman, di sekolah jurnalistik ini ada sejumlah tenaga pengajar lainnya, termasuk Ketua AJI Lhokseumawe Saiful Bahri dan Rektor BJI Zainal Bakri.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply