Warga Temukan Bom Tabung Pelontar di Bekas Kolam Ikan

LHOKSUKON – Warga Desa Simpang Tiga, Langkahan, Aceh Utara menemukan satu bom jenis tabung pelontar (TP) di bekas kolam ikan, Senin sore kemarin. Setelah diserahkan kepada anggota Koramil Langkahan, bom TP itu diamankan ke Markas Kodim 0103 Aceh Utara, Selasa, 15 Mei 2012.

Informasi diperoleh The Atjeh Post, salah seorang dari delapan warga Desa Simpang Tiga yang tengah mencari ikan di bekas kolam ikan di desa itu, Senin, 14 Mei sekitar pukul 16.00, secara tidak sengaja tangannya meraba suatu benda. Lalu warga itu, Samsul,45 tahun, mengangkat benda tersebut yang berlumur lumpur. Setelah diperiksa ternyata temuan itu adalah bom jenis TP.

Atas kesepakatan delapan warga itu, bom TP tersebut kemudian diserahkan ke Solihin, pekerja bengkel di Desa Simpang Tiga. Sebab, menurut mereka, Solihin kenal dekat dengan anggota Koramil Langkahan sehingga diharapkan bom TP itu bisa diamankan pihak Koramil.

Komandan Kodim 0103 Aceh Utara Letkol Inf Agus Tri Antoni melalui Pasi Intel Kapten Inf Aris NL, siang tadi, Selasa, membenarkan ada temuan satu bom jenis TP di Langkahan. “Anggota Koramil Langkahan, Serma Junaidi menerima TP tersebut dari seorang pekerja bengkel, Solihin setelah ditemukan oleh warga yang mencari ikan di bekas kolam desa itu,” katanya.

Menurut Aris, saat ini bom TP bernomor seri F 60/1 LOT 21-MCR-93 yang dipastikan peninggalan masa konflik, telah diamankan di Makodim Aceh Utara di Lhokseumawe. “Kita berharap ke depan masyarakat segera melapor ke pihak keamanan terdekat jika menemukan benda yang diduga bom agar bisa diamankan guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Aris.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply