Warga Pegasing Panen Padi Unggul

Warga Pegasing Panen Padi Unggul

TAKENGON – Warga Kampung Pegasing, Kecamatan Pegasing, melakukan pemanenan padi unggul jenis Ciherang, Minggu 28 Juni 2015. Padi yang ditanam tersebut menurut Reje (kepala kampung-red) Pegasing, Asnaini sebagai bentuk percontohan sebelum dikembangkan lebih luas.

“Kami dari kelompok tani Ayu Ara, beranggotakan 10 orang semuanya ibu ibu mencoba menanam 10 kilo bibit jenis Ciherang, dan alhamdulillah hasilnya sangat memuaskan,” ujar Asnaini yang juga merupakan ketua Kelompok Tani Ayu Ara.

Ditambahkan Asnaini, upaya Kelompok Tani Ayu Ara berinisiatif menanam padi unggul sebagai bentuk kepedulian bersama, dengan harapan ibu-ibu termotivasi membantu suami mereka menggarap lahan persawahan untuk meningkatkan perekonomian keluarga.

“Kedepan kita tidak mau lagi dengar ada masyarakat kurang mampu atau miskin, karena peluang berusaha terbuka lebar,” kata satu-satunya Reje perempuan di daerah itu.

Menghargai semangat warga yang dimotori oleh kelompok Ayu Ara, Wakil Bupati Aceh Tengah, Drs. H. Khairul Asmara turut serta memanen padi, tampak Wabup didampingi Kepala Dinas Pertanian Saifullah, Camat Pegasing Kamaluddin, dan Wakil Ketua TP-PKK Aceh Tengah Ny. Faridah Hanum.

Inisiatif Reje Asnaini untuk membangkitkan semangat ibu-ibu untuk menanam padi unggul di Pegasing menurut Khairul Asmara dapat terus dikembangkan di daerah yang lain sebagai upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan.

“Kami akan terus mendorong dan mengajak petani yang lahannya memungkinkan untuk ditanami bibit unggul,” kata Khairul sembari menegaskan komitmen pihaknya untuk memberi dukungan fasilitas seperti pembangunan infrastruktur irigasi dan lainnya, sehingga kesejahteraan petani dapat meningkat.

Kadis Pertanian, Saifullah menuturkan keberhasilan padi unggul di Pegasing akan dikembangkan pada kelompok yang lain, sehingga sedikit demi seidikit areal persawahan warga yang selama ini masih menggunakan bibit padi lokal akan beralih ke bibit padi unggul dengan pemanfaatan lahan dapat dilakukan dua kali setahun.

“Dinas siap membantu bibitnya, tapi khusus padi unggul seperti varietas Ciherang, tentu itupun dengan melihat ketersediaan yang ada, dan jika minat masyarakat tinggi, dinas siap memfasilitasi,” katanya.

Sementara Camat Pegasing, Kamaluddin mengungkapkan setelah lebaran Idul Fiitri nanti akan ditanam lagi bibit padi unggul Ciherang di persawahan warga seluas 100 hektare.

“Warga sangat antusias, diperkirakan habis lebaran ada 100 hektar lahan pertanian yang siap untuk ditanami padi unggul jenis Ciherang,” jelasnya.

Pegasing merupakan satu dari 14 kecamatan di Aceh Tengah yang selama ini menjadi lumbung padi dengan luas areal persawahan mencapai 1.008 hektar, sementara luas areal persawahan Aceh Tengah mencapai 8.252 hektar dengan produktivitas rata-rata 4,3 ton perhektare. [] (mal)

Leave a Reply