Warga Bireuen Adukan Kasus Sengketa Lahan Kepada Dewan

Warga Bireuen Adukan Kasus Sengketa Lahan Kepada Dewan

BANDA ACEH – Warga Gampong Krung Simpo Kecamatan Juli, Bireuen, mengadukan tentang sengketa penyerobotan lahan antara warga dengan PT. Syarkat Sejahtera ke Wakil Ketua DPR Aceh, Teuku Irwan Djohan, di Banda Aceh, Kamis, 17 September 2015.

“Kami mengadukan bahwa ada pengabaian terhadap penyelesaian sengketa penyerobotan lahan warga dengan PT Syaukat Sejahtera yang lebih kurang sudah dua tahun setengah berlalu,” kata Syahrul, SH, kuasa hukum warga Gampong Simpo saat dijumpai portalsatu.com di gedung DPRA.

Dia mengatakan kasus ini telah diproses secara hukum selama satu tahun setengah. Namun hingga kini kasus tersebut belum membuahkan hasil. Menurutnya ada beberapa permasalahan terhadap kasus ini, di antaranya PT Syaukat Sejahtera tidak mengajak seluruh unsur masyarakat untuk mengambil titik koordinat sehingga terjadi kesalahpahaman dan keributan.

Teuku Irwan Djohan mengaku telah menerima pengaduan ini tetapi belum bisa memberikan hasil dari permasalahan tersebut.

“Saya DPR Aceh dan pribadi sebagai wakil rakyat siap untuk menerima pengaduan maupun aspirasi dan harapan masyarakat karena ini memang sudah tugas dan tanggung jawab. Apapun itu, misalnya laporan sengketa lahan, fasilitas publik dan infrastruktur semua ditampung,” kata Irwan Djohan.

Dia mengatakan pihaknya akan melibatkan pihak lain yang terlibat untuk mendapatkan informasi akurat mengenai sengketa lahan tersebut.

“Kami akan membela pihak yang benar, dan untuk kasus ini saya meminta mereka untuk melengkapi informasi yang lengkap terlebih dahulu,” katanya.

Dia mengatakan sebagai anggota dewan akan tetap komitmen berada di belakang kebenaran. Dia juga menyarankan warga untuk koordinasi terlebih dahulu dengan pihak-pihak dan komisi terkait, misalnya Badan Pertanahan Nasional (BPN).

“Setelah data yang kami terima lengkap kami akan mempelajari lebih detail dengan pimpinan, komunikasi serta DPRA Dapil Bireun. Saat turun lapangan nanti juga ada perwakilan dari sana walaupun tidak semua, tetapi ada perwakilan dapil setempat agar menindaklanjuti kasus ini untuk meninjau ke lokasi,” ujarnya.[](bna)

Leave a Reply