Warga Aceh di Norwegia gelar doa untuk Abu Panton

Sekitar seratus warga Aceh yang menetap di Rogaland, Norwegia melakukan takziah dan doa bersama untuk almarhum ulama kharismatik asal Aceh Utara, Teungku H Ibrahim Bardan atau Abu Panton, Rabu 1 Mei 2013.

Acara dimulai setelah salat ashar pukul 18.00 waktu Norwegia dan dipusatkan di Masjid Mevlana, Stavanger. Di masjid ini, warga Aceh yang menetap di Rogaland selalu mengadakan acara doa bersama dan berbagai acara lain yang berkenaan dengan agama Islam. Doa bersama ini diikuti masyarakat Aceh yang menetap di Bryne, Sandnes dan Stavanger.

Sebelum takziah dan doa bersama dimulai, Teungku Qadir Abdullah menceritakan kisah tentang almarhum Abu Panton. Teungku Qadir mengatakan dari awal memimpin Dayah Malikussaleh di Gampong Rawang Itek, Abu Panton merupakan salah satu ulama besar yang ada di Aceh dan banyak sekali jasa-jasanya untuk Aceh.

Abu Panton meninggal dunia di Rumah Sakit Herna di Medan, Senin 29 April 2013, sekitar pukul 18.30 Wib. Almarhum sudah masuk rumah sakit sejak tanggal 27 November 2012 lalu. Sebelum dibawa ke Rumah Sakit di Medan, ia dirawat di Rumah Sakit Bunga Melati Lhokseumawe dan sempat dibawa ke rumah sakit di Penang, Malaysia.

Jenazah almarhum dibawa pulang Senin malam dan tiba dirumah duka pukul 2.00 Wib, Selasa dinihari, 30 April 2013. Saat tiba di rumah duka, jenazah langsung dimandikan dan disalatkan, kemudian sekitar pukul 11.00 Wib, jenazah baru dimakamkan di dalam komplek dayah Abu Panton.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply