Wanita di Pakistan dilarang pergi sendiri ke pasar

KAUM wanita di wilayah Pakistan barat laut dilarang untuk pergi ke pasar seorang diri. Larangan yang dikeluarkan para pemimpin suku dan ulama-ulama setempat ini dimaksudkan untuk menjaga kesucian bulan Ramadan.

Kaum wanita dilarang untuk pergi ke pasar-pasar tanpa ditemani seorang pria yang merupakan anggota keluarganya. Keputusan ini diambil pada Jumat, 19 Juli waktu setempat di distrik Karak, provinsi Khyber Pakhtunkhwa, wilayah konservatif yang berbatasan dengan wilayah-wilayah rusuh kesukuan di sepanjangan perbatasan Afghanistan.

"Kami telah memutuskan bahwa kaum wanita tak bisa mengunjungi pasar-pasar tanpa seorang pria anggota keluarga," kata Maulana Mirzaqeem, seorang ulama dan tokoh etnis setempat.

"Mereka yang pergi ke pasar-pasar tanpa pria anggota keluarga akan diserahkan ke polisi," imbuhnya seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (20/7/2013).

"Mereka menyebarkan kevulgaran dan merusak puasa kaum pria saat Ramadan," cetus Mirzaqeem seraya menambahkan, larangan ini akan diumumkan dengan menggunakan pengeras suara di masjid-masjid setempat.

Menurut ulama tersebut, keputusan ini diambil mengingat kesucian bulan Ramadan. Belum jelas apakah larangan ini akan dicabut setelah Ramadan berakhir.

Seorang pejabat senior pemerintah di Karak mengkonfirmasi larangan ini. | sumber: detik

  • Uncategorized

Leave a Reply