Wanita Cenderung Kesulitan Turunkan Berat Badan

BERITA buruk bagi para wanita yang senang berolahraga bersama pasangan. Penelitian menemukan bahwa wanita harus melakukan lebih banyak olahraga untuk mendapatkan hasil yang sama dengan pria. Hal ini juga berlaku bagi diet.

Hasil tersebut diketahui peneliti University of Missouri setelah mengamati pria dan wanita obesitas dalam program kebugaran. Mereka menemukan bahwa dalam program yang sama, pria lebih banyak mendapatkan manfaat dibandingkan wanita.

Para ahli menjelaskan bahwa jika berolahraga saja cukup bagi pria untuk menurunkan berat badan, maka wanita perlu menambahnya dengan program diet untuk mendapatkan hasil yang sama.

Para partisipan menjalani program aerobik yang sama selama 16 minggu. Meski semuanya melakukan olahraga dengan kecepatan yang sama, peneliti melihat bahwa pria lebih mudah menurunkan berat badan.

Dalam waktu 16 minggu, kebugaran pria juga semakin bertambah, namun tak demikian halnya dengan wanita.

"Satu alasan mengapa ada perbedaan adalah komposisi tubuh. Pria memiliki lebih banyak otot dibanding wanita. Sementara otot memiliki tingkat metabolisme lemak yang lebih tinggi," ungkap Dr Chris Easton dari University of West Scotland, seperti dilansir oleh Daily Mail 24 Januari 2013.

Easton juga menambahkan bahwa pria memiliki keuntungan tersendiri karena organ mereka lebih besar, seperti jantung dan paru-paru, serta lebih banyak hemoglobin dan oksigen. Organ dan faktor tersebut sangat penting untuk membantu mereka selama berolahraga dan menurunkan berat badan.[] sumber : merdeka

  • Uncategorized

Leave a Reply