Wamenhub: Rel Kereta Api di Aceh Sudah Sejak Era Habibie, Bukan karena Regulasi

JAKARTA-Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub), Bambang Susantono menanggapi soal izin dan infrastruktur kereta api jalur Sumatera-Aceh. Menurut dia, jika dibandingkan denga Kalimantan, pemerintah memang belum melakukan pemetaan jalur angkut dengan kereta api di sepanjang jalur Sumatera, termasuk di Aceh.

Proyek pembangunan rel kereta api di aceh yg sudah direncanakan sejak era Presiden Habibie pun menurut Bambang masih terbengkalai sampai sekarang. Namun demikian, Wamenhub Bambang membantah jika pemerintah dinilai tak berpihak pada kemajuan alat angkut di Sumatera.

"Program MP3EI ikut memasukkan Sumatera sebagai salah satu kawasan 'hub' atau penghubung. Enggak adalah itu rel-rel yg terbengkalai. Kita memang sudah ada program untuk itu, tapi kita lihat juga dari kemampuan finansial mengembangkan jalur kereta api itu," kata Bambang.

Ia menambahkan, jika memang ada sektor swasta yg ingin mengembangkan diperbolehkan. "Katakanlah nanti dengan MP3EI koridor sepanjang pantai timur Sumatera-Aceh itu berkembang, ada industri di situ yang berkembang, nanti kita buat satu aktivitas berbasis rel seperti di tempat lain, kita akan permudah utk mendapatkan izinnya," tuturnya.

Menurut Bambang, soal kereta api di Aceh kendalanya bukan pada regulasi. Meskipun situasi keamanan Aceh tidak kondusif, kata dia, pemerintah akan dukung jika ada pihak swasta yang ingin menyelesaikan pembuatan rek kereta api itu.

"Masalahnya bukan pada regulasi yang beda dari pemerintah. Semua diberlakukan sama dengan daerah lain. Saya yakin juga perlu kondisi dan iklim bisnis yg mendukung, itu yg kita harapkan dari semua daerah. Kalau memungkinkan, kita minta Pemda juga cari mitra swasta," ujarnya.

Ditanyai soal jalur kereta yang dibuka untuk Aceh, Bambang mengaku tidak hapal dan tidak mengerti sejauh itu. "Soal jalur-jalurnya saya gak hafal, tapi terutama yang pasti akan menghubungkan area pusat-pusat kegiatan industri dan pusat-pusat pemerintahan, biasanya begitu," kata Wamenhub[]

  • Uncategorized

Leave a Reply