Walikota Banda Aceh: Rancangan KUA-PPAS Perubahan Amanah Permendagri

BANDA ACEH – Walikota Banda Aceh Mawardy Nurdin mengatakan Rancangan Kebijakan Umum Anggaran Perhitungan Platform Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Perubahan tahun 2012 yang telah disusun merupakan amanah dari Permendagri Nomor 21 Tahun 2011, tentang perubahan kedua atas Permendagri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah yang dijadikan sebagai pedoman dalam pelaksanaan pengganggaran, penatausahaan dan pelaporan bagi pengelolaan keuangan daerah.

Hal tersebut disampaikan Mawardy saat memberi sambutan pada Rapat Paripurna pembahasan KUA-PPAS dan Rancangan Qanun Perubahan APBK 2012 di Gedung DPRK Banda Aceh, Kamis, 27 September 2012.

Rancangan KUA-PPAS dan RAPBK Perubahan tersebut katanya, disusun dalam rangka melakukan penyesuaian dengan kebijakan nasional. Selain itu juga untuk menampung pergeseran beberapa kegiatan penting dan mendesak.

“Dengan adanya perubahan dan penyesuaian ini, diharapkan daerah dapat lebih efektif dan efisien dalam mengelola keuangan untuk kelancaran pembangunan sesuai dengan kemampuan keuangan daerah tersebut,” katanya.

Mengenai perubahan asumsi makro yang terjadi katanya harus sejalan dengan perubahan kebijakan umum anggaran yang telah ditetapkan sebelumnya. Sehingga, target pencapaian yang telah ditetapkan dapat disesuaikan dengan kondisi terkini.

Selain itu Walikota juga menyampaikan bahwa anggaran sangat diperlukan untuk menjaga kelancaran pembiayaan pembangunan, yang dimulai dari kesepakatan antara eksekutif dan legislatif dalam membahasan anggaran hingga realisasinya.

“Melalui pembahasan ini juga diharapkan dapat mempercepat proses pelaksanaan pembangunan yang telah kita tetapkan,” ujarnya.

Untuk itu ia berharap semua unsure dapat berperan serta dalam mempercepat proses penyusunan dan pembahasan perubahan APBK 2012, sehingga persetujuan bersama antara kepala daerah dan DPRK atas rancangan peraturan daerah Perubahan APBK tercapai dalam waktu yang tidak terlalu lama.[] (ihn)

Berita terkait:

DPRK Banda Aceh Gelar Rapat Paripurna Penyerahan RKUA-PPAS

  • Uncategorized

Leave a Reply