Walikota Ajukan Tiga Nama Calon Sekda Lhokseumawe ke Gubernur

LHOKSEUMAWE – Walikota Lhokseumawe Suaidi Yahya telah mengajukan tiga nama kepada Gubernur Aceh untuk ditetapkan sebagai calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Lhokseumawe menggantikan Arifin Abdullah.

Ketiga calon tersebut, masing-masing, Dasni Yuzar menjabat sebagai Asisten II (membidangi Ekonomi dan Pembangunan) Sekretariat Daerah Kota Lhokseumawe, Kamaruzzaman (Kepala Bappeda Kota Lhokseumawe) dan Muhammad Ridha (Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kota Lhokseumawe).

Informasi diperoleh The Atjeh Post, Minggu 26 Agustus 2012, surat Walikota Suaidi Yahya telah dikirim ke Provinsi Aceh sekitar sebulan lalu. Sejumlah sumber mengatakan, dari ketiga calon tersebut, nama Dasni Yuzar disebut-sebut berpeluang besar menduduki jabatan nomor tiga di kabupaten tersebut. Sedangkan dua nama lainnya, menurut sejumlah sumber, diajukan hanya ‘sebagai pelengkap’ alias ‘intat linto’.

“Kabarnya pengajuan itu sedang dalam proses untuk memperoleh persetujuan dan penetapan dari Gubernur. Dari BKPP (Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan) Aceh ke Sekda Aceh untuk ditelaah, baru kemudian ke meja Gubernur,” kata satu sumber di lingkungan Pemerintah Lhokseumawe.

Kepala BKPP Kota Lhokseumawe, Sabaruddin membenarkan informasi tersebut.  “Mungkin sekarang dalam proses di sana,” katanya.

Penyampaian nama calon Sekda Kabupaten/Kota kepada Gubernur diatur dalam Undang-Undang Pemerintah Aceh. Pasal 105 ayat (2) Dalam UUPA disebutkan, bupati/walikota berkonsultasi dengan gubernur sebelum menetapkan seorang calon sekda dan ayat (3) menjelaskan: bupati/walikota menetapkan seorang calon sekda dan disampaikan kepada Gubernur untuk ditetapkan.[]

 

  • Uncategorized

Leave a Reply