Wali Kota Langsa Minta Keuchik Dorong Masyarakat Gotong Royong Rawat Sarana Publik

LANGSA – Wali Kota Langsa Usman Abdullah meminta keuchik mendorong partisipasi masyarakat agar bergotong royong membersihkan dan merawat sarana publik seperti jalan, saluran maupun  meunasah.

"Perangkat gampong punya peran penting agar kerja sosial seperti gotong royong dapat berjalan. Ironis bila di gampong tidak ada kegiatan gotong royong, bahkan masyarakat enggan keluar rumah bersama-sama membersihkan lingkungan,” kata Usman Abdullah di sela-sela gotong royong di Gampong Alue Beurawe, Langsa Kota, Jumat, 1 Februari 2013.

Wali kota menyebutkan pemerintah telah membangun berbagai fasilitas umum di gampong untuk kepentingan masyarakat. Tapi kalau tidak dijaga dan dirawat, kata Usman Abdullah, infrastruktur publik tersebut akan cepat rusak. “Salah satu media untuk merawat itu adalah dengan budaya gotong royong,” katanya.

Menurut dia, secara fisik Gampong Alue Berawe sudah termasuk gampong yang fasilitasnya sudah maksimal. Sayangnya, kata Usman Abdullah, banyak fasilitas umum tidak terawat, seperti saluran yang tersumbat dan tertutup rumput.

“Jika dilihat dari kondisi saluran ini sepertinya sejak dibangun tidak pernah dibersihkan, maka kita desak perangkat gampong dapat mengajak semua pihak untuk secara bersama-sama bergotong royong membersihkan lingkungan,” katanya.

Keuchik Gampong Alue Berawe Ismuhar berjanji mencoba mengajak masyarakat agar mau berpikir untuk kebersihan lingkungan masing-masing. “Untuk saat ini sudah bagus, ke depan perlu ditingkatkan agar gampong kita terlihat bersih”.[](iip)

  • Uncategorized

Leave a Reply