Walhi Laporkan Gubernur dan BPKS Sabang ke Polda Aceh

DIREKTUR Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Aceh, Muhammad Nur, mengatakan pihaknya telah melaporkan proyek Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) ke Polda Aceh, Senin, 16 Februari 2015. Laporan tersebut merupakan tindaklanjut penyelidikan lapangan Walhi Aceh bersama GeRAK Aceh beberapa waktu lalu di Sabang.

Gubernur Aceh Zaini Abdullah juga termasuk yang dilaporkan dalam kapasitasnya sebagai Ketua Dewan Kawasan Sabang yang seharusnya menjalankan fungsi pengawasan.

"Iya benar, kita sudah melaporkan pelaksana proyek yaitu BPKS ke Polda Aceh dan diterima oleh Reskrim Polda Aceh. Laporan ini merupakan hasil temuan Walhi bersama GeRAK Aceh terkait tidak adanya Analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) proyek BPKS," ujar M Nur. (Baca: Walhi Aceh: Proyek Terselubung BPKS Rusak Lingkungan Sabang dan 11 Proyek BPKS Bakal Dilaporkan ke Polda Aceh)

Menurut M Nur, Polda Aceh nantinya akan memanggil semua pihak yang terlibat dalam proyek tersebut untuk dimintai keterangan. "Semua akan dipanggil, dari pelaksana hingga konsultan," katanya.

Dia mengatakan pengajuan laporan dilakukan Walhi Aceh yang langsung diterima Kapolda Aceh Irjen Pol Husein Hamidi sekitar pukul 10.00 Wib tadi dan berakhir pukul 11.00 Wib. "Ini merupakan bagian dari semangat kita untuk menjaga hutan. Kita juga mempunyai bukti berupa dokumen dari Bappeda yang menyatakan proyek tersebut tidak memiliki Amdal," katanya.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply