Wakil Wali Kota Langsa Minta Pustaka Gampong Dirawat

LANGSA – Wakil Wali Kota Langsa Marzuki Hamid, mengatakan agar desa yang sudah memiliki fasilitas Pustaka Gampong agar lebih peka untuk merawat dan menjaga kelangsungan perpustakaan. Menurutnya, keberadaan pustaka tersebut merupakan sarana untuk mencerdaskan masyarakat di tingkat desa.

Hal tersebut disampaikan Marzuki kepada ATJEHPOSTcom, saat mengunjungi pustaka di Gampong Paya Bujok Seuleumak, Minggu, 23 Desember 2012.

“Belum semua gampong di Pemko Langsa memiliki pustaka, maka bagi gampong yang telah memiliki agar bisa memfungsikannya sebagai rumah bagi anak-anak di gampong setempat,” ujarnya.

Menurutnya, pustaka tak hanya bisa dimanfaatkan oleh anak-anak saja, tetapi juga para orang tua. Misalnya, mereka bisa belajar mengenai informasi bercocok tanam yang baik dan benar, bagaimana mengembangkan sektor pelayanan untuk meningkatkan kesejahteraan hidup. Sehingga, sumber daya manusia masyarakat desa bisa semakin meningkat.

Kunjungannya ke pustaka tersebut adalah untuk meninjau pustaka yang sudah lama tidak berfungsi tersebut. Bangunan pustaka juga dikelilingi oleh rumput liar.

"InsyaAllah dalam minggu ini kita akan melakukan gotong royong membersihkan pustaka gampong ini dan membuka kembali bagi masyarakat setempat,” ujarnya.

Sementara itu , Kepala Pustaka Daerah Kota Langsa, Iskandar, SP mengatakan, pihaknya akan memasukkan buku bacaan ke semua pustaka gampong di wilayah Pemko Langsa. Termasuk pustaka Gampong Paya Bujok Seuleumak tersebut.

Pustaka tersebut katanya sudah masuk dalam daftar pustaka daerah. Karena itu Pustaka Daerah Langsa telah menyiapkan beberapa buku untuk disumbangkan. Ia berharap dengan adanya buku-buku tersebut, pustaka gampong itu bisa kembali difungsikan oleh masyarakat.[] (ihn)

  • Uncategorized

Leave a Reply