Wakil Wali Kota Langsa Buka Konferensi PWI

LANGSA – Wakil Wali Kota Langsa Marzuki Hamid membuka Konferensi IV Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Aceh Timur-Langsa, di aula Hotel Kartika Langsa, Kamis, 13 Desember 2012. Marzuki berharap kalangan wartawan terus memberikan dukungan kepada Pemko Langsa dalam memajukan kota tersebut.

“Kota Langsa sebagai kota jasa, ini sangat menantang untuk memajukan daerah ini ke arah yang lebih baik lagi. Persoalan serta tantangan bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, tapi tanggung jawab bersama termasuk wartawan sesuai peran dan tugas masing-masing,” kata Marzuki.

Marzuki juga berharap PWI terus memberikan pendidikan dan pelatihan kepada anggotanya. Kata dia, hal ini penting agar semakin banyak wartawan yang produktif dan profesional. “Kami melihat keberadaan pemerintah, masyarakat dan wartawan merupakan tiga elemen penting,” katanya.

Konferensi ini dihadiri Ketua PWI Aceh Tarmili Usman, Ketua Pengadilan Negeri Langsa Efendi, Kepala Seksi Intel Kejari Langsa Zainal Akmal, Ketua BNN Langsa Kompol.Navri Yuleni, Kasubag Humas Aceh Timur  Eddyanto serta pengurus dan anggota PWI Aceh Timur-Langsa.

Ketua Panitia Konferensi IV PWI Aceh Timur-Langsa Sudirman  melaporkan bahwa kegiatan ini diikuti 23 anggota PWI setempat, 11 anggota biasa yang berhak memilih dan dipilih, 11 anggota muda dan 2 anggota terdaftar.

Ketua PWI Aceh Timur-Langsa Demisioner, Agusni AH menyebutkan  selama ini kepengurusan PWI mengalami banyak hambatan dan kendala. Namun pengurus PWI setempat tetap berusaha menjalin hubungan harmonis dengan pemerintah dan pihak lainnya. Selain itu, kata dia, selama ini pihaknya selalu memberi peluang kepada wartawan yang ingin menjadi calon anggota PWI sejauh memenuhi ketentuan.

Ketua PWI Aceh Tarmili Usman mengatakan PWI merupakan organisasi profesi wartawan tertua. Kata dia, UU tentang Pers ialah payung hukum bagi wartawan untuk menjalankan tugas jurnalistik. Tarmilin menyatakan PWI mitra pemerintah, bukan musuh. Itu sebabnya dia meminta pengurus baru PWI Aceh Timur-Langsa nantinya melakukan sosialisasi UU Pers kepada masyarakat, pemerintah dan kalangan lainnya.

“Saat ini PWI sedang berusaha untuk menertibkan wartawan, PWI bersama Dewan Pers sedang melaksanakan pelatihan-pelatihan dan pendidikan, termasuk uji kompetensi wartawan,” kata Tarmilin.

Pada Konferensi PWI itu, juga diserahkan santunan dan penghargaan kepada janda almarhum pengurus PWI yaitu almarhum Said Usman Abas, Arisnur dan Attar.(iip)

  • Uncategorized

Leave a Reply