Wakil Wali Kota Langsa: Banyak anak belum tercatat dalam akta kelahiran

WAKIL Wali Kota Langsa Marzuki Hamid menyebutkan saat ini masih banyak anak yang identitasnya belum tercatat dalam akta kelahiran. Kondisi tersebut dikhawatirkan berpotensi mendorong munculnya sejumlah permasalahan anak.

“Permasalahan anak yang berpangkal dari manipulasi identitas anak, seperti anak menjadi korban perdagangan, tenaga kerja di bawah umur dan kasus lainnya. Maka harus dipahami bahwa setiap kelahiran wajib dilaporkan oleh penduduk kepada instansi pelaksana,” kata Marzuki Hamid pada acara sosialisasi Pencatatan Kelahiran dan Penerapan Kartu Tanda Penduduk Elektronik tahun 2013, di Aula Hotel Harmoni Langsa, Senin, 20 Mei 2013.

Marzuki Hamid menyebutkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil adalah perangkat Pemerintah Kabupaten/Kota yang bertanggung jawab dan berwewenang melaksanakan pelayanan dalam urusan administrasi kependudukan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Langsa Aji Asmanuddin mengatakan hasil rekapitulasi perekaman KTP elektronik di kota ini realisasinya mencapai 78,72 persen dari yang wajib KTP sebanyak 128.088 jiwa.

“Jadi yang belum merekam 45.228 jiwa atau setara 21,28 persen. Adapun manfaat dari e-KTP adalah untuk mencegah dan menutup peluang adanya KTP ganda atau palsu serta mendukung peningkatan keamanan negara,” katanya.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply