Wakil Bupati Bireuen harap seni seudati bisa dukung pariwisata Aceh

PAGELARAN seleksi seudati menuju Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) VI diharapkan menunjang pengembangan pariwisata di Aceh. Hal ini disampaikan Wakil Bupati Bireuen, Mukhtar saat membuka seleksi seudati se-Kabupaten Bireuen di Pendopo Bireuen, Jumat malam, 17 Mei 2013.

"Berbagai pagelaran seni tradisional termasuk tari seudati yang akan digelar di PKA tentunya akan memberi pengaruh positif bagi peningkatan wisatawan ke Aceh," ujarnya.

Mukhtar mengatakan tari seudati merupakan salah satu dari sekian tarian yang dilakukan dengan bersama dan atraktif. Pada masa dulu ditampilkan guna membangkitkan semangat heroisme para pejuang Aceh dalam mengusir penjajah.

"Sementara masa kini tarian seudati dapat untuk menyemangati giat pembangunan. Selain untuk menggali seni tradisional agar terus lestari dan dikenal serta diperagakan oleh masyarakat umum terutama generasi muda," katanya.

Melalui seleksi seudati, kata dia, dapat berperan meningkatkan perhatian masyarakat untuk melestarikan seni tradisional.

"Selain itu untuk menumbuhkembangkan daya karya para seniman di Aceh untuk melestarikan budaya dan seni tradisonal agar tak tenggelam dimakan zaman," ujar Mukhtar.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 27 grup seudati di Kabupaten Bireuen mengikuti seleksi yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bireuen. Seleksi tersebut digelar di halaman Pendopo Bupati Bireuen selama tiga malam dimulai Jumat, 17 Mei 2013.[](bna)

  • Uncategorized

Leave a Reply