Wagub Mualem kunjungi makam Hamzah Fansuri

WAKIL Gubernur Aceh Muzakir Manaf mengunjungi makam yang diyakini masyarakat sebagai kuburan Syekh Hamzah Fansuri di Kampong Oboh, Kecamatan Rundeng, Kota Subulussalam, Minggu pagi, 23 Juni 2013, pukul 12.11 WIB.

Kedatangan wagub yang akrab disapa Mualem ke sana didampingi Bupati Subulussalam dan sejumlah pejabat setempat.

Pantauan ATJEHPOSTcom, ratusan masyarakat ikut menyambut kedatangan Mualem di lokasi makam. Warga juga menggelar kenduri menyambut kedatangan Mualem.

Kondisi makam itu terlihat sangat terawat. Makamnya dipugar dalam sebuah bangunan. Namun karena  berbatasan langsung dengan sungai besar, lokasi komplek makam itu terlihat sempit. Di sana juga ada makam mertua serta sahabat dari Hamzah Fansyuri.

"Kita akan segera memugar makam ini agar lebih bagus dan indah," kata Wagub Mualem.

Syeh Hamzah Fansuri adalah salah satu ulama sekaligus pujangga besar yang pernah dimiliki Aceh. Kemasyurannya  diakui sebagai salah satu pelopor sastra  Melayu di Asia Tenggara.

Selain makam di Rundeng ini, masih ada satu lagi makam di Ujong Pancu, Aceh Besar, yang juga diyakini seagian orang sebagai makam Hamzah Fansuri.  Informasi lainnya, ada yang menyebut Hamzah Fansuri meninggal di tanah Arab.

Misteri Hamzah Fansuri membuat sejumlah ilmuwan tertarik mendalami kehidupannya. Dua diantaranya adalah J. Doorenbos dan Syed Muhammad Naquib al-Attas. Keduanya membuat penelitian tentang Hamzah Fansuri untuk mendapatkan Ph.D masing-masing di Universitas Leiden dan Universitas London.  Disertasi Muhammad Naquib melahirkan buku The Misticim of Hamzah Fansuri yang diterbitkan University of Malaya Press tahun 1970.

Klik di tautan ini untuk melihat galeri foto kunjungan Wagub Mualem ke makam Hamzah Fansuri. [] (yas)

  • Uncategorized

Leave a Reply