Wagub Mualem: Kearifan lokal Aceh mulai hilang

WAKIL Gubernur Aceh Muzakir Manaf, yang akrab dipanggil Mualem mengatakan banyak kearifan lokal di Aceh yang mulai hilang saat ini. Salah satunya kata Mualem budaya membaca Al Quran setelah salat Magrib.

“Sekarang aktivitas mengaji ba'da Magrib mulai tergantikan dengan menonton TV," Mualem dalam sambutannya saat membuka Musabaqah Tilawatil Quran ke-31 di Kota Subulussalam malam tadi, Minggu, 23 Juni 2013.

Selain terganti dengan menonton TV budaya mengaji juga telah berganti dengan budaya duduk di warung kopi dan sebagainya.

"Akibatnya sangat banyak generasi muda yang buta huruf Al Quran," kata Mualem lagi.

Karena itu katanya sudah sepatutnya semua pihak melakukan langkah untuk mengantisipasi hal ini. "Semua pihak harus mendukung program gerakan masyarakat Magrib mengaji," katanya.

Sementara itu hujan lebat dan angin kencang melanda lokasi pembukaan MTQ malam tadi. Pantauan ATJEHPOSTcom hujan mengguyur saat pasukan pengibar bendera sedang menaikkan bendera MTQ.

Ribuan masyarakat yang awalnya berdiri di area terbuka terpaksa bubar dan mencari tempat berteduh. Sedangkan pasukan pengibar bendera terlihat terus melaksanakan tugasnya hingga selesai. Hujan lebat menyebabkan lokasi MTQ tergenang air.[] ihn

  • Uncategorized

Leave a Reply