Video: Warga Singkil Tuntut PT Ensem Ditutup

Video: Warga Singkil Tuntut PT Ensem Ditutup

SINGKIL – Puluhan warga dari tujuh desa di Kecamatan Simpang Kanan, Kabupaten Aceh Singkil berunjuk rasa ke kantor DPRK Aceh Singkil menuntut pabrik kelapa sawit PT. Ensem Lestari ditutup. Massa menilai selama beroperasi pabrik tersebut telah mencemari sungai di pemukiman mereka.

Warga yang berasal dari Desa Silatong, Tanjung Mas, Lae Riman, Lipat Kajang, Ujung Limus, Cibubukan dan Desa Serasah meminta DPRK Aceh Singkil menutup PT. Ensem Lestari.

Menurut warga, selain mencemari sungai, pabrik tersebut juga menyebabkan polusi udara. Ketinggian cerobong asap yang lebih rendah dari pemukiman warga menyebabkan asap yang dikeluarkan pabrik langsung mengarah ke rumah warga.

Warga juga menilai pihak perusahaan semena-mena dalam menetapkan harga harga buah sawit milik petani lokal. Harga sawit milik petani lokal di hargai murah sedangkan sawit dari luar Aceh Singkil harganya lebih mahal.

Menanggapi tuntutan massa, Wakil Ketua DPRK Aceh Singkil, Narso menengaku pihaknya akan segera membentuk tim terpadu untuk melakukan investigasi untuk memeriksa izin perusahaan dan aduan massa terkait pencemaran lingkungan.

Warga diminta bersabar dan memberikan waktu tiga minggu untuk DPRK Aceh Singkil menyelesaikan masalah tersebut.[] sumber teks dan video: acehvideo.tv

Leave a Reply