VIDEO: Pertama Kali, Boko Haram Pamer Siswi yang Diculik

KELOMPOK  muslim militan Boko Haram merilis sebuah video yang memperlihatkan sejumlah perempuan remaja yang diklaim sebagai 100 anak perempuan yang diculik dari sebuah sekolah di Nigeria bulan lalu. 

Melansir bbc.co.uk, pemimpin Boko Haram, Abubakar Shekau mengatakan para perempuan muda itu akan tetap ditahan sampai pemerintah Nigeria melepas semua anggota kelompoknya yang ditahan. 

Dalam video yang dirilis Senin 12 Mei 2014 itu Abubakar mengatakan gadis-gadis itu telah masuk Islam. Dalam video itu diperlihatkan perempuan muda melafalkan Al-Fatihah. 

Boko Haram menculik lebih dari 200 anak perempuan di Nigeria utara pada 14 April lalu dan mengancam akan menjualnya. 

Wartawan BBC John Simpson di utara kota Maiduguri mengatakan komentar Boko Haram menunjukkan tanda-tanda bahwa kelompok itu bersedia berunding. 

Tiga gadis yang mengenakan jilbab terlihat berbicara dalam video 17 menit yang diperoleh AFP, kantor berita Prancis. 

Dua gadis mengatakan mereka Kristen dan telah masuk Islam, sementara satunya lagi mengatakan dia adalah Muslim. 

Diperkirakan sebagian besar gadis yang diculik adalah orang Kristine, meskipun beberapa diantaranya yang Muslim. 

Para wartawan mengatakan gadis-gadis itu terlihat tenang dan mengatakan mereka tidak dirugikan. 

Tidak ada petunjuk kapan atau di mana video itu diambil. 

Diperkirakan, yang muncul di video itu hanya sekitar 130 anak perempuan, tak sampai separuh dari 276 siswi yang diculik dari sekolah mereka di negara bagian Borno. 

Wartawan BBC melaporkan, bisa jadi mereka telah dipecah dalam kelompok-kelompok kecil untuk memudahkan berpindah dari satu tempat ke tempat lain. 

Sebelumnya, Boko Haram telah membuat pengakuan bahwa mereka memang telah menculik gadis-gadis itu. 

Pemerintah Nigeria telah mendapat kritik keras dari tanggapannya terhadap penculisan massal itu. Pada Minggu kemarin, ia mengatakan optimis gadis-gadis itu akan ditemukan setelah adanya bantuan dari luar negeri. 

Inggris dan Amerika Serikat telah menurunkan tim ke Nigeria untuk membantu. Sementara Israel juga menurunkan tim kontra-terorisme yang sedang dalam perjalanan ke Nigeria. 

Sementara itu, Presiden Prancis Francois Hollande telah menawarkan untuk menjadi tuan rumah pertemuan pincak di Paris pada Sabtu depan dengan Nigeria dan negara-negara tetangganya untuk membicarakan Boko Haram dan tantangan keamanan yang dihadapi.[] sumber: bbc.co.uk

  • Uncategorized

Leave a Reply