Vaksin flu bisa mencegah serangan jantung?

MELAKUKAN vaksinasi untuk mencegah penyakit flu ternyata memiliki efek samping positif lain. Yaitu menurunkan risiko serangan jantung, demikian menurut penelitian terbaru.

Seperti yang dilansir dari My Health News Daily (28/10), hasil penelitian menunjukkan orang-orang yang menjalani vaksinasi flu 50 persen lebih rendah terkena serangan jantung atau stroke. Kemudian risiko meninggal akibat penyakit tersebut juga berkurang sebanyak 40 persen.

Vaksin flu diduga mampu menjaga kesehatan jantung sehingga mencegah serangan jantung dan stroke. Peneliti tepatnya menyampaikan hasil studi mereka pada konferensi penyakit kardiovaskular di Toronto.

Di dalam penelitian, Dr Jacob Udell dari University of Toronto bersama timnya menganalisis empat studi sebelumnya yang melibatkan 3.000 pasien berusia 60 tahun ke atas. Sebagian dari responden juga disebutkan memiliki penyakit jantung.

"Penelitian ini membuktikan kemungkinan besar vaksin flu juga vaksin bagi jantung," tutur Udell.

Terlepas dari sejarah penyakit jantung yang sebelumnya sudah pernah diderita pasien, mereka yang menjalani vaksinasi flu terbukti berisiko lebih rendah terkena serangan jantung atau meninggal akibat penyakit tersebut.

Hubungan antara vaksin flu dengan kesehatan jantung memang belum jelas. Namun Udell menduga flu mempengaruhi pembuluh darah dan kadar oksigen sehingga memicu penyakit jantung.

Sementara itu, Dr Sarah Samaan dari Women's Cardiovascular Institute yang tidak terlibat dalam penelitian menyampaikan hubungan vaksin flu dan jantung mungkin terletak pada inflamasi yang terjadi dalam tubuh.

"Jika seseorang terserang flu, pembuluh darah mengalami inflamasi dan memicu serangan jantung," terang Samaan. | sumber : merdeka.com

  • Uncategorized

Leave a Reply