Universitas Teuku Umar jalin kerjasama dengan IPB

UNIVERSITAS Teuku Umar (UTU) Aceh Barat menggandeng Institut Pertanian Bogor (IPB) di bidang penelitian, pendidikan dan pengabdian pada masyarakat. Penandatanganan naskah kerjasama dilakukan di Ruang Sidang LPPM  Kampus IPB Darmaga, Kamis, 13 Juni 2013.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan  IPB, Prof. Yonny Koesmaryono, menyampaikan IPB dengan Universitas Teuku Umar  telah memiliki hubungan baik sejak lama. Mulai dari IPB menerima  dosen magang dari Universitas Teuku Umar hingga banyaknya alumni IPB yang telah berkiprah  menjadi dosen di Universitas Teuku Umar. 

Selain itu disampaikan oleh Prof. Yonny, IPB akan selalu terbuka untuk kerjasama-kerjasama bidang pendidikan, pertukaran  staf dosen, pelatihan, bidang kemahasiswaan bahkan pertukaran mahasiswa untuk melakukan kredit poin kuliah di IPB.  Tidak hanya bidang Akademik, Prof.Yonny menambahkan di bidang penelitian, IPB punya riset-riset untuk dikerjasamakan melalui berbagai  kegiatan pengabdian pada masyarakat dengan Universitas Teuku Umar.

IPB katanya siap membantu pengembangan UTU saat ini maupun saat menjadi PTN nanti seperti yang telah IPB lakukan pada Universitas Bangka Belitung, Borneo, Musamus Merauke, Untirta Banten dan Universitas Maritim Raja Ali Haji.

“IPB membuka diri bagi civitas akademika UTU dan putra-putri barat dan selatan Aceh untuk melanjutkan studi di IPB dan siap mengupayakannya melalui beasiswa Dikti baik studi penuh maupun kerjasama transfer kredit, juga kerjasama riset dan pengabdian masyarakat. Aceh memiliki keunikan dari potensi sumber daya alam dan budaya,” katanya dalam rilis yang diterima ATJEHPOSTcom.

Sementara itu, Rektor Universitas Teuku Umar, Drs. Alfian Ibrahim, MS menaruh harapan besar terhadap kerjasama ini sejak diamanatkan menjadi Rektor.  Ia menginginkan memajukan wilayah bagian selatan Aceh dengan menjadikannya sebagai zona pertanian, sehingga ia berharap IPB bisa membina universitas yang di pimpinnya. Ucapan terimakasih disampaikan oleh Drs. Alfian Ibrahim atas keterbukaan IPB untuk melakukan kerjasama dengan universitasnya.

“UTU mencari pembina dari PTN yang dapat menjadi abang atau bapak angkat bagi UTU.  Masyarakat barat selatan Aceh perlu didukung untuk mengembangkan SDM dan potensi daerah termasuk salah satu poinnya adalah dengan menjadi
UTU sebagai PTN sehingga putra putri barat selatan Aceh bisa mengenyam
pelayanan pendidikan tinggi yang berkualitas,” ujarnya.

Acara dihadiri oleh mahasiswa-mahasiswa Aceh yang ada di IPB dan dilanjutkan dengan mengunjungi kebun kerjasama IPB dengan Taiwan (ICDF), Asrama mahasiswa dan fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.[] ihn

  • Uncategorized

Leave a Reply