Zaini Bicara Alasan PA Mendaftar Calon Gubernur

    17
    0

    BANDA ACEH- Calon gubernur dari Partai Aceh Zaini Abdullah akhirnya angkat bicara soal keputusan partainya mendaftarkan calonnya di semua level kepala daerah di Aceh setelah Mahkamah Kontitusi membuka kembali pendaftaran calon.

    "Keputusan diambil oleh Partai Aceh untuk melanjutkan perdamaian Aceh. Seperti juga keputusan yang kami ambil ketika detik-detik ditandatanganinya perdamaian di Helsinki,” kata Zaini. “Perlu kita mundur atau maju selangkah untuk melanjutkan perdamaian," kata Zaini menjawab pertanyaan wartawan saat konferensi pers usai mendaftarkan diri di kantor KIP Aceh, Jumat, 20 Januari 2012.

    Pernyataan Zaini itu menjawab wartawan yang mempertanyakan mengapa akhirnya Partai Aceh memutuskan mendaftar setelah sebelumnya sempat menolak.

    Menurut Zaini, kali ini keputusan Mahkamah Konstitusi sudah tepat. "Termasuk disahkannya calon perseorangan. Kami tidak mempermasalahkan itu, yang penting pelaksanaan Pilkada dapat berjalan secara demokrasi,” kata mantan Menteri Luar Negeri GAM itu.

    Zaini menambahkan, terpilih atau tidaknya saat pemilihan nanti adalah ketentuan dari yang Maha Kuasa. “Kami ikut karena bertannggung jawab dalam pesta demokrasi di Aceh,” katanya. “Menang atau tidak itu tergantung dari rakyat Aceh yang menentukan,” katanya.

    Sementara itu, Ketua Partai Aceh Muzakir Manaf mengatakan selain mereka, hari ini ada tujuh pasangan calon kepala daerah dari partai Aceh yang mendaftar di berbagai kabupaten/kota. “Mungkin besok ada beberapa lagi yang mendaftarkan diri di daerah,” katanya.[]