Warga Pante Peusangan diresahkan gajah liar ekor buntung

    25
    0

    WILAYAH pemukiman warga di Desa Pante Peusangan Kecamatan Juli Bireuen masih dalam incaran seekor gajah liar berekor buntung. Gajah itu selama empat bulan terakhir berkeliaran di sekitar desa tersebut.

    Menurut Geuchik Desa Pante Peusangan, Mukhtar kepada ATJEHPOSTcom pada Rabu 29 Mei 2013 di Bireuen mengatakan, gajah tersebut pernah menyerang pemukiman dan tanaman warga Februari 2013 lalu.

    "Kini memang gajah itu tidak dalam kondisi menyerang. Tetapi masih berkeliaran di areal perkebunan milik masyarakat. Sepertinya gajah tersebut tidak akan pergi dari sana jika tidak dilakukan upaya yang lebih intensif dengan menghalaunya," ujar Mukhtar.

    Gajah itu, kata Mukhtar, telah membuat sebagian warga masih tidak berani berkebun. Dia berharap dinas terkait dapat mengupayakan gajah tersebut agar kembali ke habitatnya atau menjauh dari pemukiman dan perkebunan Pante Peusangan.

    Sekitar sebulan lalu, kata Mukhtar, petugas dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh datang ke desa itu untuk melakukan survey rencana penanganan gajah tersebut. "Setelah kunjungan petugas survey lapangan itu tidak terdengar lagi kabar lanjutannya. Padahal masyarakat sudah berharap," kata Mukhtar. [](bna)