Warga Lhok Bot Nyaris Diterkam Buaya Muara

    18
    0

    WARGA Desa Lhok Bot, Kecamatan Setia Bakti, Aceh Jaya, dikabarkan nyaris digigit buaya muara di sungai setempat, Jumat, 21 November 2014. Korban mengaku saat kejadian sedang mendayung sampan dengan galah di Krueng Lhok Bot, habitat alami buaya muara Aceh Jaya.

    "Tiba-tiba saat saya sedang mendayung sampan, buaya sempat menggigit galah saya dan saya pun cepat-cepat pergi ke tepi sungai," ujar Edy Fadli (30), warga Lhok Bot seperti dilansir merdeka.com, Sabtu 22 November 2014.

    Edy mengaku trauma kembali mencari ikan di Krueng Lhok Bot yang sudah ditetapkan sebagai habitat alami buaya tersebut. Padahal ia mengaku setiap hari mencari nafkah dengan menangkap ikan di sungai dan rawa Lhok Bot tersebut.

    "Kami berharap kepada pemerintah bisa memikirkan solusi, apakah menangkap buaya itu atau memikirkan untuk mencari pekerjaan lain untuk kami," katanya.

    Sementara itu Kepala Desa Gampong Baro Sayeung, Kecamatan Setia Bakti, Kecamatan Aceh Jaya mengatakan masih banyak buaya yang kerap mengancam warga setempat. Hal ini menyebabkan warga yang tinggal di sekitar sungai dan bekerja mencari ikan semakin resah.

    "Banyak buaya besar-besar masih ada di sungai itu, kita semua pada takut, oleh karena itu kami meminta kepada pemerintah untuk bisa segera mencari solusi," katanya.

    Sebelumnya Kabag Umum BKSDA, Heru Sutmantoro mengatakan Krueng Lhok Bot adalah habitat buaya muara. Tim BKSDA berhasil menangkap seekor buaya sepanjang lima meter di sungai ini yang kini telah diboyong ke Banda Aceh. Heru mengatakan masih terdapat dua ekor buaya lagi yang lebih besar di daerah tersebut.

    "Memang menurut laporan warga daerah itu masih terdapat buaya yang jauh lebih besar dari buaya yang ditangkap pada 15 Agustus 2014 lalu," katanya.[]