Wali Kota Langsa diminta copot pejabat mantan napi

PRAKTISI hukum, Muslim A. Gani menyarankan Wali Kota Langsa Usman Abdullah segera mencopot tiga PNS mantan narapidana yang diberikan jabatan di pemerintah kota ini.

Kepada wartawan, Kamis, 13 Juni 2013, Muslim A. Gani menyebutkan, Mendagri telah mengeluarkan surat edaran bernomor  800/432 yang melarang kepala daerah mengangkat mantan napi menduduki jabatan struktural di pemerintahan.

“Dikeluarkan surat edaran tersebut dapat diasumsikan sejalan dengan semangat reformasi birokrasi dalam mencegah peluang terjadinya korupsi,” kata advokat Acheh Legal Consult ini.

Ketua LSM Bening, Sukri Asma menilai wali kota Langsa telah melawan surat edaran Mendagri terkait larangan penangkatan PNS mantan napi menduduki jabatan. “Ini menandakan penyelenggaraan pemerintahan tidak bersih dan tidak berwibawa,” katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, tiga PNS mantan napi di Pemko Langsa yang mendapat jabatan adalah, Basri Ananda (Kasubag Rumah Tangga  Bagian Umum Sekretariat DPRK), Ir TM Tarkun, MM  (Staf Ahli Wali Kota di Setda Langsa) dan Agus Irawan, SHut (Penyuluh Pertanian Muda).[]

Leave a Reply