Utang negara capai Rp 2000 T, Kemenkeu klaim masih di batas aman

    17
    0

    UTANG pemerintah telah mencapai Rp 2.000 triliun, namun utang tersebut tidak membuat panik pemerintah. Pasalnya, utang tersebut mempunyai jatuh tempo yang lama dan rata-rata di atas delapan tahun.

    Direktur Strategis dan Portofolio Direktorat Jenderal Pengelolaan Kemenkeu Schneider Siahaan mengatakan utang tersebut masih terbilang aman karena mempunyai jatuh tempo yang panjang.

    "Kalau melihat utang kita kan, kalau melihat nominalnya kita kan bisa takut. Tapi yang lebih penting kita kan liat kapan itu jatuh temponya. Salah satu kalau kita khawatir kan dari jatuh tempo itu," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian Perekonomian, Jakarta, Jumat (17/5).

    Menurutnya, apabila jatuh tempo utang tersebut hanya sampai 2014, maka pemerintah akan takut. Akan tetapi melihat durasi jatuh tempo utang yang panjang diyakini tak perlu ada kekhawatiran.

    "Jadi dengan kata lain yang jatuh tempo, ya katakan bahasa sederhana kalau kalkulasi ya rata-rata 8 tahun kan paling 12,5 persen kan per tahun," tegas dia.

    Dia mengklaim utang Indonesia yang mencapai Rp 2.000 masih terbilang aman dibandingkan negara-negara lain. Pasalnya, rasio utang terhadap PDB masih berada dalam posisi yang aman yaitu 24 persen hingga April 2013.

    "Kita jauh lebih aman. Negara-negara maju saja jauh lebih tinggi dari kita. Jadi kalau melihat utang itu gitu ngitungnya. Kemudian bandingkan dengan kemampuan ekonomi kita. Jadi harus lihat konsep yang relatif bukan absolut," pungkas dia. | sumber : merdeka