Tips Agar Lolos CPNS

    20
    0

    Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi akan mengumumkan lowongan formasi perekrutan CPNS baru pada 11-24 Agustus 2014. Saat ini pihak kementerian sedang meminta para pejabat pembina kepegawaian (PPK) pusat dan daerah untuk segera menyampaikan usulan tambahan formasi aparatur sipil negara (ASN) khususnya CPNS.

    Peminat CPNS pun meningkat setiap tahunnya. Berbagai cara dilakukan agar bisa menjadi abdi negara, meski harus mengikuti pendaftaran CPNS tiap tahunnya.

    Nausa Carnavian, pegawai negeri sipil (PNS) ganteng yang sempat menghebohkan sosial media, memberikan tips bagaimana cara agar bisa menembus penyaringan CPNS. Menurutnya, cara paling ampuh adalah dengan mendiskusikan soal-soal yang akan diujikan.

    "Menurut saya, hampir semua soal hampir mirip dengan soal tahun sebelumnya. Saya waktu mendaftar tahun kemarin bikin kelompok belajar sama anak STAN (Sekolah Tinggi Akutansi Negara)," kata Nausa, saat dihubungi merdeka.com, Sabtu (16/8).

    Menurutnya, setiap tahun, anak STAN selalu membahas soal-soal CPNS yang sekarang menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Belajar kelompok itu, lanjut lulusan fakultas ekonomi Universitas Indonesia ini, dilakukan sebulan sebelum ujian CPNS.

    "Saya belajarnya sebulan sebelum pendaftaran, sekitar bulan Juni atau Juli. Belajarnya ga terlalu lama juga, sekitar satu jam," ujarnya.

    Nausa menjelaskan, karena pendidikannya berlatar belakang ekonomi, dia lebih memfokuskan membahas materi hitung-hitungan. Dirinya mulai menghafal lagi rumus-rumus matematikan yang pernah dipelajari.

    "Ada juga soal pengetahuan umum, seperti pengetahuan soal pasal-pasal," katanya.

    Pria yang menamatkan kuliah pada 2013 ini menambahkan, dari tiga tahapan ujian yang dijalaninya, tes psikotes yang menurutnya harus membutuhkan persiapan khusus. Sehari sebelum ujian, dirinya menghabiskan waktu untuk beristirahat.

    "Pas mau ujian psikotes, saya istirahat yang cukup," ujarnya.[] sumber: merdeka.com