Tiap Bulan Jasa Raharja Aceh Bayar Asuransi Kecelakaan Rp2 Miliar

    22
    0

    BANDA ACEH – Sepanjang 2012 setiap bulannya Jasa Raharja Cabang Aceh menyalurkan santunan asuransi kecelakaan kepada korban maupun ahli waris mencapai Rp2 miliar. Dengan begitu jumlah klaim asuransi yang sudah dibayar tahun ini hingga Juni mencapai Rp12 miliar.

    Hal itu dikatakan Jajang Miharja, Kepala Cabang Jasa Raharja Aceh, kepada The Atjeh Post, Selasa 10 Juli 2012. Jajang mengatakan angka Rp12 miliar itu akan terus bertambah bahkan bisa mencapai dua kali lipat. Pada 2011 jumlah asuransi yang dibayar Rp28,2 miliar.

    "Sangat sulit ya meminimalisir kecelakaan di jalan raya. Yang paling diperlukan adalah kesadaran masyarakat sendiri, agar patuh terhadap rambu-rambu lalu lintas," ujar Jajang.

    Namun Jasa Raharja, kata dia, tetap berusaha menurunkan tingkat kecelakaan, terutama dengan menambahkan peringatan atau imbauan keselamatan bagi pengguna jalan raya.

    Menanggapi defisitnya anggaran asuransi di Jasa Raharja Langsa, di mana pemasukan lebih kecil dibandingkan asuransi yang telah disalurkan, Jajang mengatakan itu hal lumrah.

    "Memang jumlah kecelakaan di sana tinggi, tapi mengenai defisitnya anggaran itu sudah disubsidi silang oleh provinsi. Kita sistemnya saling mensubsidi, ada daerah yang minus dibantu oleh daerah yang surplus," ujarnya.

    Adapun sumber pemasukan Jasa Raharja dari pajak yang dibayar melalui Satuan Lalu Lintas, iuran wajib pengguna bus, dan iuran dari pelayaran.[]