Tempat di Polandia ini simpan tulang naga?

    20
    0

    ADA hal unik yang bisa traveler lihat di Katedral Wawel di Krakow, Polandia. Di salah satu dindingnya terdapat suatu tulang berukuran besar yang dipajang. Menurut masyarakat setempat, diyakini itu adalah bagian dari tulang naga!

    Tak hanya China, rupanya Polandia juga punya kisah tentang naga. Naga di Polandia dikenal dengan nama Smok Waweleski yang melegenda bagi masyarakat di Kota Krakow. Bahkan, tulangnya pun tersimpan rapi di sebuah katedral.

    Dilongok dari The Hungarian Girl, Senin (16/9/2013), tulang yang diyakini bekas naga tersebut berada di Katedral Wawel. Tulang tersebut menggantung di dinding dekat pintu masuk katedral dan terlihat dengan jelas. Bentuknya besar berwarna putih, panjangnya mungkin lebih dari satu meter.

    Dalam sejarahnya, Smok Wawelski adalah sebuah naga yang tinggal di Bukit Wawel dekat dengan Sungai Vistula. Naga tersebut cukup ganas dan suka memproak-porandakan kota. Usut punya usut, naga tersebut juga suka memangsa wanita muda.

    Raja Krak, yang namanya diabadikan menjadi nama kota Krakow, saat itu memerintahkan para ksatria untuk membunuh naga itu. Sayang, semuanya gagal dan tewas. Padahal raja membuat sayembara yang berisi, siapa saja yang berhasil membunuh naga dapat menikah dengan putrinya yang cantik.

    Hingga akhirnya, seorang pembuat sepatu bernama Drawteka ikut dalam sayembara tersebut. Dia tidak bertarung dengan baju besi dan pedang. Drawteka membunuh seekor domba jantan yang gemuk, lalu memasukan ramuan dan sulfur ke dalam badannya. Domba tersebut pun diletakan di depan gua. Sulfur tersebut akan membuat siapa pun yang memakannya menjadi sangat kehausan.

    Sang naga tak lama menyantap domba tersebut. Drawteka berhasil, sang naga menjadi sangat haus sehingga dia meminum banyak air dari Sungai Vistula. Lalu, perut naga membengkak dan dia pun mati karena meminum banyak air.

    Masyarakat Kota Krakow pasti mengetahui legenda tersebut. Selain terdapat monumen Smok Waweleski, traveler yang berkunjung ke Krakow selalu menyempatkan datang ke Katedral Wawel untuk melihat salah satu bagian tulangnya.

    Traveler bebas untuk memotret tulang naga. Meski demikian, beberapa traveler mempertanyakan keaslian tulang tersebut, apakah benar tulang naga atau fosil tulang ikan paus? | sumber: detik.com