TDMRC Unsyiah Gelar Simulasi Tsunami di SD 2 Banda Aceh

    23
    0

    BANDA ACEH – Tsunami and Disaster Mitigation Research Center (TDMRC) Unsyiah akan menggelar simulasi tsunami, Senin besok, 11 Juni 2012, di Sekolah Dasar Negeri 2 Banda Aceh.

    Simulasi ini digelar sebagai wujud antisipasi untuk warga sekolah dalam menghadapi bencana gempa bumi yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

    “Pengalaman gempa bumi yang terjadi di Aceh 11 April 2012 lalu dengan kekuatan 8,5 SR, membuat masyarakat panik tidak terkecuali siswa yang ada di sekolah,” ujar Kepala Divisi Advokasi Pendidikan dan Pelatihan TDMRC Unsyiah, Mulhlis A. Hamid.

    Kata dia, simulasi tersebut akan diikuti sekitar 610 warga sekolah yang terdiri dari siswa SDN 2 Banda Aceh serta beberapa undangan dari Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banda Aceh, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Polsek, Camat Meuraxa Banda Aceh, serta masyarakat setempat.

    “Kegiatan ini merupakan bagian dari proses membangun kesiapsiagaan bencana melalui program sekolah siaga bencana yang dipusatkan pada penguatan kapasitas manajemen sekolah, guru, dan murid, dampak yang cukup positif terhadap penumbuhan kesadaran, pengetahuan, dan perubahan kebijakan di sekolah dalam mengurangi risiko bencana,” ujar Mukhlis.

    Menurut keterangan panitia, rangkaian kegiatan simulasi tersebut juga akan diikuti dengan kampanye kesiapsiagaan komunitas sekolah, di kantor TDMRC Unsyiah, Ulee Lheue.

    Rangkaian kegiatan tersebut meliputi lomba menggambar dengan tema pemanfaatan gedung penyelamatan untuk 350 siswa dasar se-Banda Aceh dan Aceh Besar. “Juga turut dimeriahkan dengan pameran dan pagelaran seni oleh siswa.”[]