Tahun ini, Aceh Timur tanam jagung seluas 500 hektare

PEMERINTAH Aceh melalui Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultural Aceh mengalokasikan anggaran senilai Rp350 juta untuk tanaman jagung yang akan dikembangkan kelompok tani (Poktan) di Aceh Timur.

“Tahun 2013 ini kita akan buka 500 hektare tanaman jagung plus paket seperti bibit, pupuk dan lainnya. Sebab Aceh Timur sangat berpotensi untuk dikembangkan tanaman jagung,” kata Kepala Dinas Pertanian Aceh Timur Anas Johan mewakili Kepala Dinas Pertanian Aceh, Razali Adami, dalam Rapat Koordinasi Percepatan Peningkatan Produksi Padi, Jagung dan Kedelai, di Aula Setda Aceh Timur, Selasa 20 Agustus 2013.

Rapat dihadiri Kepala Badan Penyuluh Pertanian Kecamatan dan Ketua Poktan se-Aceh Timur. Kata Anas, dengan 500 hektare tanaman jagung yang akan dikembangkan tahun ini diharapkan hasilnya nanti mampu menutupi kebutuhan jagung di Aceh.

“Jika program tersebut mendapat nilai plus maka tahun berikutnya akan dikembangkan yang lebih luas lagi. Tanam jagung ini salah satu program andalan Aceh Timur,” ujar Anas Johan.

Anas Johan mengharapkan semua pihak terkait bekerja keras dan kerja cerdas dalam program tersebut. “Bupati Aceh Timur tahun ini juga telah mencanangkan program komoditi jagung dan kedelai seluas 18.000 hektare di sejumlah titik di wilayah ini,” katanya.

Kepala Bidang Pertanian Badan Penyuluh Aceh Timur, Syukri Ali mengajak pengurus Poktan dan penyuluh bahu-membahu mengembangkan tanaman jagung sehingga kesejahteraan di bidang pertanian dapat dicapai sesuai program Pemkab Aceh Timur.

“Penyuluh merupakan ujung tombak atas keberhasilan program ini, sehingga dituntut kerja profesional dalam pengembangan jagung di Aceh Timur,” kata Syukri.

Kepala Bagian Humas Aceh Timut T Amran mewakili Asisten II Setdakab Aceh Timur, M. Ihksan Ahyat, usai sesi pembukaan rapat mengatakan, kegiatan itu melibatkan 21 desa di sembilan kecamatan dengan 37 Poktan.

Adapun kecamatan yang termasuk dalam program andalan itu meliputi Pante Bidari, Simpang Ulim, Darul Aman, Idi Tunong, Darul Ihksan, Serbajadi-Lokop, Peunaron, Peureulak Barat dan Kecamatan Birem Bayeun.[]

Leave a Reply