Surat Suara Telah Disebar ke Seluruh Aceh

BANDA ACEH-Dua hari menjelang pencoblosan, Komisi Independen Pemilihan Aceh telah menyalurkan semua surat suara untuk Pilkada Gubernur-Wakil Gubernur Aceh 2012, ke seluruh KIP di Kabupaten dan Kota di Aceh.

Hal tersebut dikatakan Robby Syah Putra, Anggota KIP Aceh Divisi Perencanaan Program Keuangan dan Logistik, dalam jumpa pers di Media Center KIP Aceh, Sabtu 7 April 2012. Hadir dalam konferensi itu semua komisioner KIP Aceh dan Biro-biro Pemerintah Aceh.

Robby mengatakan menjelang dua hari ini ia berkonsentrasi untuk melengkapi kekurangan surat suara. "Pendistribusian ke kabupaten dan kota dalam jumlah yang cukup. Setelah dilipat dan disortir umumnya ada kerusakan dan itu akan kita gantikan. Hari ini sudah selesai dan terpenuhi," katanya.

Agar tidak terduplikasi, kata Robby, surat suara tersebut juga dilakukan pengamanan. "Kemudian surat suara tersebut untuk dilegalkan ditambah dengan tanda tangan ketua KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara)," ujar Robby.

Terkait jumlah surat suara yang rusak, kata Robby, belum direkab datanya untuk seluruh kabupaten dan kota.

"Akan dilakukan besok (Minggu 8 April 2012). Namun untuk menggantikan surat suara yang rusak perusahaan percetakan telah menyiapkan sebanyak 30 ribu lebih surat suara cadangan tanpa ada kompensasi apapun. Sementara yang cacat akan dibuat berita acara dan dimusnahkan setelah hari H (pencoblosan)."[]

Leave a Reply