Studi: Rajin minum teh bisa cegah kerusakan gigi

SELAMA ini, teh seringkali dianggap sebagai penyebab warna kekuningan pada gigi. Namun, sebuah penelitian justru menyatakan bahwa teh dapat membantu menjaga gigi dari kerusakan.

Menurut penelitian terbaru, mengonsumsi tiga cangkir teh hitam dalam sehari dapat menjaga gigi Anda dari kerusakan, dan mengurangi risiko pembusukan pada gigi. Para peneliti menemukan bahwa teh hitam dapat membantu melawan bakteri streptococcus mutans dan lactobacillus, yang menyebabkan kerusakan pada gigi dan penyakit pada gusi.

Efek yang sama bahkan juga didapat meskipun telah ditmbahkan sedikit gula. Menurut Dr. Carrie Ruxton, mengonsumsi tiga hingga empat cangkir teh hitam dalam sehari merupakan jumlah yang paling efektif untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi.

Tidak hanya teh hitam, teh hijau juga memiliki efek yang sama. Selain mencegah kerusakan gigi, teh ini juga bisa mencegah bau mulut tak sedap dengan menetralisir sulfur di dalam mulut yang mengakibatkan bau mulut. Penelitian yang telah diterbitkan dalam British Nutrition Foundation menyatakan bahwa terdapat bukti kuat bahwa minum teh dapat melindungi gigi dari kerusakan.

"Bukti khusus menyatakan bahwa konsumsi teh hitam tiga hingga empat cangkir sehari dapat mengurangi kadar bakteri dalam mulut," ujar Dr. Ruxton seperti dilansir laman Daily Mail.

Menurut dia, bakteri dalam asam mulut yang bereaksi terhadap karbohidrat dapat menghasilkan asam yang melarutkan email gigi. Hal ini menyebabkan kerusakan pada gigi seperti keropos atau patah.

Teh hitam dan teh hijau dapat mengurangi peradangan, mencegah plak melekat pada gigi serta pertumbuhan bakteri. Selain itu teh mengandung bahan antioksidan seperti flavonoid dan catechin yang memiliki efek anti-mikroba.

Penelitian ini juga dibenarkan oleh Dr. Tim Bond, juru bicara dari Tea Advisory Panel. Menurutnya, efek positif dari minum teh dapat mengurangi peradangan pada rongga mulut dan mencegah adhesi serta pertumbuhan bakteri yang menyebabkan penyakit gigi dan gusi.[] sumber: viva.co.id

Leave a Reply