Soal UN di Aceh Besar disimpan di kantor Polsek

    23
    0

    LOGISTIK untuk pelaksanaan Ujian Nasional tingkat SMA/MA/SMK di Kabupaten Aceh Besar, mulai disalurkan ke sekolah-sekolah penyelenggara, hari ini, Jumat 12 April 2013.

    Logistik berupa soal dan lembar jawaban tersebut, diamankan di kantor Polsek kecamatan masing-masing. Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kab. Aceh Besar, Drs. Razali, kepada ATJEHPOSTcom saat dihubungi 12 April 2013, Jumat siang.

    Menurutnya, pendistribusian logistik UN ini dikawal oleh pihak kepolisian dari Polres Aceh Besar. “Kita menjalankan proses pendistribusian ini sesuai dengan petunjuk. yaitu mendistribusikan ke sekolah penyelenggara yang didampingi oleh anggota Polsek setempat. Hal ini dilakukan demi suksesnya Ujian Nasional tahun ini, serta mengantisipasi terjadinya bocornya soal ujian,” katanya.

    Ujian Nasional yang akan dilaksanakan pada 15 hingga 18 April nanti, kata dia, akan diikuti oleh 3.092 peserta di Aceh Besar.

    Terhadap jumlah ini, Razali merincikan peserta UN tersebut terbagi dari 60 unit sekolah SMA/MA/SMK dan sederajat, serta akan diawasi oleh 472 pengawas silang.

    “UN akan diselenggarakan di 42 titik, ditambah 2 titik untuk peserta paket C. Untuk titik penyelenggara UN yang berkurang dari jumlah sekolah, itu karena ada sekolah swasta yang belum memenuhi standar penyelenggaraan UN,” kata Razali.

    “Kita (dinas-red) sudah siap menghadapinya. Jauh hari sebelumnya, kita juga sudah bekerja seperti melakukan try out kepada siswa-siswa serta memberi pemahaman kepada wali murid agar menuntun anak-anak untuk bisa fokus menghadapi UN,” ujar Razali lagi.

    Lebih lanjut, Razali berharap kalau tingkat kelulusan peserta UN tahun ini bisa mencapai 90 persen.

    “Kita tidak bisa mentargetkan tingkat kelulusannya, cuma kita berharap para siswa-siswa peserta UN yang sudah mempersiapkan diri jauh-jauh hari bisa mengikutinya dengan baik,” katanya.[] (mrd)