Soal Operasi Cangkok Hati Daffa, Pemerintah Aceh Diminta Tak Buang Badan

NYFARA Foundation, lembaga yang memberi perhatian khusus pada anak-anak penderita gangguan hati mulai hari ini akan menggalang dana untuk mengumpulkan biaya pengobatan Daffa Elfira, bayi asal Meukek, Aceh Selatan penderita Atresia bilier. Daffa dijadwalkan menjalani operasi transplantasi hati dalam waktu dekat ini.

“Mulai hari ini Nyfara mulai galang dana setelah mendapatkan kejelasan bahwa calon donor kondisinya bagus, memang ada pemeriksaan lanjutan, tapi setelah melewati dua tahapan biasanya tahapan berikutnya akan lolos screening,” kata Direktur Nyfara Foundation Tengku Adri Muslim, kepada ATJEHPOST.co melalui telepon selular siang ini, Kamis, 5 Februari 2015.

Penggalangan dana ini akan disosialisasikan di berbagai lini dan donatur bisa menyalurkan langsung bantuannya ke rekening orang tua Daffa Delfira.

Di samping itu, Adri juga berharap jika Pemerintah Aceh sebelumnya pernah berjanji maka harus dipenuhi. Apalagi pihak keluarga Daffa sangat mengharapkan kejelasan, lagipula biaya yang dibutuhkan untuk operasi cangkok hati hampir satu miliar rupiah. Sementara yang ditanggung BPJS hanya seperempatnya saja.

“Jangan seperti buang badan melemparkan ini kepada JKN, kalau kemarin pemerintah tidak pernah mengucapkan janji kita juga tidak akan bertanya soal itu,” kata Adri.

Nyfara Foundation yang telah mengontak Humas Pemerintah Aceh melalui akun Twitternya hingga hari ini juga belum mendapatkan respons.

Nyfara Foundation sejak awal terus mendampingi pihak keluarga Daffa untuk memberi dukungan psikologis.

“Kita datang ke Banda Aceh menjenguk, kita beri pendampingai psikologis sejak awal karena para orang tua awal-awalnya syok, mereka down makanya kita datangi mereka. Kita lebih ke pendampingan non medis,” kata Adri.[]

Leave a Reply