Siapa yang Mengatur Perubahan Jalur MH370?

    18
    0

    PARA penyelidik kini semakin yakin ada unsur kesengajaan dalam hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370. Terutama setelah terungkap fakta bahwa rute jalur pesawat berubah dari yang seharusnya. Siapa pelakunya?

    Pesawat berpenumpang 227 orang dan 12 awak itu seharusnya berangkat dari Kuala Lumpur dan mendarat di Beijing. Namun di Laut China Selatan, pesawat berbelok ke arah barat menuju Samudera Hindia.

    Diberitakan New York Times, Selasa (18/3/2014), sistem penerbangan pesawat biasanya sudah diatur lewat Flight Management System. Semua diatur lewat komputer. Baik rute hingga jalur yang akan ditempuh sudah disetting sejak awal. Lalu, bagaimana bisa berubah?

    Seorang penyidik senior AS mengatakan, selain menerbangkan pesawat secara manual, siapa pun yang memegang kendali pesawat harus mengubah rute dengan cara memasukkan tujuh atau delapan kode ke komputer yang diketahui oleh 'orang dalam'.

    Dengan fakta ini, tentu saja seseorang yang bisa mengubah jalur harus berpengalaman dengan sistem penerbangan. Maka tak heran, kecurigaan terhadap pilot dan kopilot semakin bertambah.

    Namun hingga kini belum jelas benar, apakah program penerbangan yang mengarah ke Samudera Hindia disetting setelah take off atau sebelumnya.[] sumber: detik.com