Sang Imam Muslim Kepolisian Australia

    21
    0

    Kepolisian New South Wales (NSW), Australia telah menunjuk imam baru bagi anggotanya yang muslim.

    Imam yang masih berusia 34 tahun tersebut menjadi satu-satunya muslim di Australia yang memegang posisi tersebut sejak pendahulunya meninggal pada 2011 lalu.

    "Dengan segenap hati, saya menyampaikan selamat datang kepada Sheikh Ahmed Abdo di Kesatuan Polisi NSW," Kepala Kantor Polisi NSW, Andrew Schipione dalam pidatonya di pengukuhan Abdo pada Kamis, 27 November.

    Begitu dilantik pada Kamis kemarin, Sheikh Abdo menjadi imam polisi di Kepolisian NSW untuk pertama kalinya sejak imam Sheikh Khalil Chami meninggal pada 2011.

    "Dengan pengukuhannya ini akan semakin menguatkan institusi yang dibangun di atas keragaman keyakinan dan budaya. Dan saya yakin dia akan memberi kontribusi penting bagi mereka yang minta nasehat dan petunjuknya," Schipione menambahkan.

    Imam muda ini diyakini sebagai satu-satunya muslim yang memegang posisi tersebut di Australia.

    Menurut Schipione, pengangkatan Abdo adalah cara untuk mempromosikan persatuan dan pemahaman dalam masyarakat NSW.

    Schipione mengatakan tugas imam polisi adalah menolong penolong, memberikan bimbingan dan tuntunan bagi petugas kepolisian dalam mengatasi trauma saat bertugas.

    "Dia ada untuk memenuhi kebutuhan spiritual petugas, khususnya yang beragama Islam."

    Di saat ketegangan dan kesalahpahaman meningkat antara muslim dan anggota masyarakat yang lebih luas, pengangkatan Abdo menjadi sangat penting dilakukan.

    "Kami adalah kesatuan yang memiliki anggota berlatar belakang berbeda. Dan kami hidup di lingkungan yang multi-budaya," kata Schipione.

    Pelantikan Abdo sebagai imam bagi polisi muslim NSW juga dihadiri oleh Mufti Besar Australia, Ibrahim Abu Mohammad.

    Jumlah muslim di Australia mencapai 1,7 persen dari total 20 juta penduduk negara itu. Islam telah ada di Australia sejak 200 tahun yang lalu.| Sumber: dream.co.id